Usaha Ternak Cacing, Si Menjijikan Yang Ternyata Menguntungkan

Ternak Cacing – Berbisnis seringkali identik dengan modal besar dan prestige karena mendengar kata bisnis, pikiran kita terkadang langsung auto ke usaha kuliner atau usaha pakaian dengan toko dan lain-lainnya yang identik dengan modal yang tidak sedikit. Namun sebenarnya berbisnis tidak hanya itu.

Usaha Ternak Cacing, Si Menjijikan Yang Ternyata Menguntungkan

Tidak hanya dengan modal besar namun berbisnis dengan modal tidak terlalu banyak pun sebenarnya bisa lho. Berbicara soal bisnis kita bisa membuka bisnis dimanapun dan kapanpun, selama ada niat dan motivasi yang kuat untuk berbisnis.

Masih soal peluang bisnis, baik di desa maupun di kota, kini kita bisa membuka bisnis. Salah satu bisnsi yang paling banyak peminatnya saat ini adalah bisnis kuliner, namun, bisnis ini tergolong satu yang cukup beresiko tinggimengingat persaingannya yang ketat dengan modal yang tidak dapat dibilang sedikit. Selain bisnis kuliner, dalam berbisnis sebenanrya kita hanya perlu membaca peluang yang ada untuk kita manfaatkan agar bisa berbuah keuntungan.

Nah berbicara soal peluang, sebenarnya ada banyak sekali peluang yang bisa kita manfaatkan dengan polesan modal seadanya. Salah satu peluang bisnis yang jarang sekali dilirik oleh orang adalah yang berhubungan dengan tanah. Bukan, kita bukan akan membahas tentang bisnis properti, sayangnya bukan. Peluang usaha yang kita maksudkan disini adalah usaha budidaya cacing tanah.

Mendengar kata cacing tanah apa yang ada di pikiran Anda? Lembek, basah dan geli? Atau menjijikan? Atau malah bermanfaat? Nah, jangan dulu berpikiran yang tidak-tidak dengan si panjang ini karena sisi lain dari sisi jijik-nya ini bisa mendatangkan keuntungan yang tidak main-main lho.Anda pasti sudah pernah mendengar manfaat cacing bukan?

Betul, cacing bermanfaat sebagai penggembur atau penyubur tanah, namun selain itu, ada lagi lho manfaat cacing tanah ini. Selain sebagai penyubur tanah, cacing juga bermanfaat bagi kesehatan. Mungkin anda yang pernah terkena penyakit tifus pernah merasakan manfaat kapsul cacing ini. Sebenarnya tidak hanya penyakit tifus namun juga diare, melancarkan sistem pencernaan dan menenangkan syaraf. Karena beragam manfaat inilah kemudian banyak orang mencoba budidaya cacing.

READ :  3 Bisnis Online Tanpa Modal Yang Pasti Menguntungkan

Untuk memulai budidaya atau usaha yang satu ini, terlihat mungkin sepele ya, kita tinggal siapkan tanah lalu biarkan cacing berkembangbiak, namun tidak semudah itu ferguso. Anda tertarik untuk membuka usaha budidaya ini? Mari kita lihat berapa modal awalnya.

Modal Awal

Kebutuhan Estimasi biaya
Sewa lahan Rp. 1.000.000
Kandang bambu Rp. 2.000.000
Rak penyimpan Rp. 3.000.000
Media budidaya Rp. 1.800.000
Plastik Rp. 1.200.000
Pelepah pisang cincang Rp. 150.000
Benih Rp. 1.000.000
Pakan Rp. 1.000.000
Total Rp. 11.150.000

Dengan modal 11 jutaan kita sudah bisa membuka usaha budidaya cacing tanah ini. Biaya di atas dengan asumsi kita masih sewa lahan atau tempat, jika kita menggunakan lahan milik pribadi, biaya ini tentu dapat kita minimalisir.

Lalu bagaimana perihal keuntungan yang akan kita dapatkan? Untuk keuntungan yang bisa kita dapatkan tidak main-main. Untuk satu kilogram cacing dapat dihargai sebesar Rp. 80.000. jika kita bisa memanen sebanyak 100kg, kita bisa meraup keuntungan kotor sebesr Rp. 80.000 x 100 = Rp. 8.000.000. Mendapatkan keuntungan sebegitu besar dari makhluk kecil menjijikan ini merupakan sebuah hal yang luar biasa bukan?

Mungkin saat ini Anda mulai terpikirkan untuk membuka usaha budidaya satu ini di desa, tidak ada salahnya untuk dicoba karena peluang usaha bisnis ini terbiang cukup bagus dan belum banyak yang mengambil peluang ini. Agar keuntungan yang Anda peroleh bisamaksimal, usahakan untu membuat media perkembangan cacing yang lembab, mengandung unsur hara dan tidak keras.

Tanah gembur akan sangat bagus untuk perkembangan cacing. Kemudian untuk pemasaran sendiri, selain penjualan konvensional kita bisa juga memasarkan produk kita via marketplace online macam Shoppee, Tokopedia, bukalapak dan lain-lainnya agar lebih mendongkrak penjualan kita.

READ :  Usaha Yang Menjanjikan Di Masa Depan Yang Paling Banyak Diminati

Itu tadi beberapa hal tentang peluang usaha budidaya cacing tanah yang dapat anda coba. Semoga artikel ini dapat memberikan sedikit pencerahan peluang usaha baru ya!

Usaha Ternak Cacing, Si Menjijikan Yang Ternyata Menguntungkan | phreeque | 4.5