Usaha Pecel Lele di Desa, Berapa Modalnya? Baca Artikel Ini

Usaha Pecel Lele – Berbisnis kini menjadi salah satu yang banyak dipilih untuk mendapakan pendapatan yang besar. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam berbisnis kita diberikan keuntungan baik materiil maupun non materril yang mungkin tidak kita dapatkan jika kita bekerja. Tidak sedikit pula orang yang menganggap bahwa dengan berbisnis kita bisa mewujudkan kebebasan finansial yang selama ini diharapkan.

usaha pecel lele

Banyak yang kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dan lebih memilih untuk membuka usaha atau berbisnis ketika tahu bahwa kentungan yang didapatkan bisa berkali-kali lipat dari modal yang dikeluarkan. Berbisnis juga memberikan kefleksibelan jam kerja yang tentu banyak orang mendambakannya. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kita masuki, namun satu di antaranya yang paling banyak diminati adalah bisnis di bidang kuliner.

Membuka bisnis dalam bidang kuliner memang cukup prospektif. Mudahnya begini, semua orang tentu saja butuh makan bukan? Dan kita menjual makanan, kemungkinan barang dagangan kita untuk dibeli tentu ada bukan? Apalagi “barang” yang kita jual ini merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap harinya. Tak heran mengapa banyak yang kemudian banting setir ke dunia kuliner.

Peluang usaha di dunia kuliner memang dapat dibilang cukup prospektif, namun jangan lupa bahwa perrsaingan di dunia kuliner pun cukup ketat. Oleh karenanya, kita perlu mempersiapkan bisnis ini dengan matang dulu sebelum memutuskan untuk membuka bisnis tersebut.

Sebenarnya, bisnis ini memilki range variasi yang banyak sekali. Ada banyak variasi bisnsi kuliner yang bisa kita coba, namun ada satu cabang bisnis kuliner yang dapat dibilang cukup prospektif dimanapun berada, yakni bisnis pecel lele. Ke kota manapun Anda pasti akan selalu dengna mudah menemukan tenda-tenda pecel lele bukan? Hal ini bukan tanpa sebab usaha pecel lele ini memang cukup prospektif sehingga banyak sekali peminatnya.

READ :  Buka Usaha Jasa Ini di Desa, Anda Akan Tercengang Dengan Omsetnya

Selain banyak peminatnya, bisnis kuliner pecel lele ini dinilai cukup prospektif karena beberapa alasan di bawah ini:

  1. Rasanya enak, dan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia
  2. Jam buka malam hari pas dengan kebiasaan orang kita yang terkadang malas untuk masak malam-malam
  3. Praktis dan cepat dalam penyajiannya sehingga konsumen puas karena tidak perlu menunggu lama

Dan beragam alasan lain seperti keuntungan yang lumayan. Membuka bisnis ini terbilang cukup mudah. Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuka usaha pecel lele ini, simak modal awal yang dibutuhkan di bawah ini:

Kebutuhan Estimasi biaya
Gerobak Rp. 2.000.000
Terpal untuk tenda (3 terpal ukuran masing-masing 5 x 8 meter) Rp. 1.500.000
Kompor Rp. 500.000
Piring bambu, sendok Rp. 500.000
Peralatan memasak Rp. 2.000.000
TOTAL Rp. 6.500.000

Biaya di atas belum termasuk biaya operasional perharinya yang perlu kita keluarkan. Jadi untuk belanja bahan setiap harinya kita membutuhkan kira=kira Rp. 200.000 dengan rincian sebagai berikut:

Kebutuhan Estimasi Biaya
Lele 1 kg Rp. 25.000
Ayam 2 kg Rp. 60.000
Bebek 1 ekor Rp. 60.000
Timun, tomat, lalapan Rp. 50.000
Bumbu-bumbu Rp. 10.000
TOTAL Rp. 205.000

Keuntungan perharinya dapat kita perkirakan seperti ini: jika 1 kilogram lele berisi 6 ekor, kemudian 2 kilogram ayam bisa di bagi menjadi 20 porsi, dan 1 ekor bebek untuk 14 porsi, total keseluruhan adalah 40 porsi. Jika satu porsi ayam kita jual dengan harga Rp. 20.000, satu porsi lele dihargai Rp. 18.000 dan satu porsi bebek Rp. 25.000 berarti dalam sehari kita bisa mendapatkan Rp (20.000 x 20) + (18.000 x 6) + ( 25.000 x 14) = 400.000 + 108.000 + 350.000 = 858.000.

Keuntungan kotor yang terbilang cukup fantastis bukan? Itu belum keutungan dari minuman yang kita jual, biasanya orang akan  baru per harinya, bagaimana dalam satu bulan? Cukup menjanjikan, oleh karenanya banyak yang tertarik dengan usaha ini.

READ :  6 Contoh Program Desa Unggulan Yang Mampu Memajukan Desa

Itu tadi beberapa informasimengenai peluang usaha pecel lele yang mungkin dapat menjadi pertimbangan Anda yang baru akan membuka usaha pecel lele. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Usaha Pecel Lele di Desa, Berapa Modalnya? Baca Artikel Ini | phreeque | 4.5