Tujuan dan Metode yang Dilakukan bagi Lembaga Fundraising Indonesia

Fundraising merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dalam rangka menghimpun dana dan sumber dana lainnya dari masyarakat baik secara individu, kelompok, organisasi, perusahaan maupun pemerintah yang kemudian digunakan untuk membiayai program dan kegiatan operasional suatu lembaga sehingga mampu mencapai tujuan. Lalu apa saja tujuan dan bagaimana metode guna memenuhi tujuan bagi suatu lembaga atau organisasi fundraising Indonesia? Mari kita simak ulasan berikut.

Tujuan dan Metode yang Dilakukan bagi Lembaga Fundraising Indonesia

Tujuan Dilakukannya Fundraising

Fundraising Indonesia memiliki beberapa tujuan utama, diantaranya :

  1. Mengumpulkan Dana

Untuk menjalankan suatu kegiatan maupun usaha tentu dibutuhkan dana. Oleh karena itulah tujuan utama dari fundraising Indonesia adalah mengumpulkan dana. Dana yang dikumpulkan tidak harus berupa uang, namun juga bisa jasa maupun barang yang akan memberi manfaat pada kelangsungan hidup. Namun seringkali frundaising Indonesia dianggap gagal apabila tidak dapat mendapatkan uang walau telah memiliki keberhasilan dalam bentuk lain.

  1. Menghimpun Donatur

Dalam mencapai tujuannya, fundraising Indonesia harus memiliki donatur agar dana bisa terus bertambah. Sebenarnya ada dua pilihan, yang pertama menambah donasi jumlah uang bagi donatur dan kedua menambah jumlah donatur dengan jumlah donasi yang tidak terlalu besar. Pilihan yang kedua seringkali lebih dipilih karena masyarakat menilai lebih mudah mencari donatur daripada meningkatkan jumlah donasi.

  1. Meningkatkan Citra

Organisasi atau Lembaga
Ketika semakin banyak donatur yang menyumbang dan makin banyaknya kegiatan positif yang dilakukan akan memberikan kesan positif bagi masyarakat yang memandangnya. Mereka akan beranggapan bahwa citra organisasi atau lembaga tersebut sudah pasti baik terbukti dengan kegiatan-kegiatan dan pelayanan yang mereka berikan kepada donatur. Hal itulah yang kemudian menjadi satu tujuan yang penting juga untuk fundraising Indonesia.

  1. Menghimpun Pendukung
READ :  Buka Usaha Jasa Ini di Desa, Anda Akan Tercengang Dengan Omsetnya

Masyarakat yang seringkali atau pernah berinteraksi dengan lembaga fundraising Indonesia akan memberikan dukungan apabila mereka merasa bahwa apa yang dilakukan lembaga tersebut bersifat positif. Hal ini tentu saja akan membuat masyarakat secara natural menjadi promotor atau informan positif bagi lembaga tersebut.

  1. Memuaskan Donatur

Tujuan yang paling utama dan penting bagi fundraising Indonesia adalah bisa memuaskan donatur. Tujuan ini bernilai jangka panjang. Ketika donatur mendapatkan pelayanan baik maka ia akan kembali lagi menjadi donatur tanpa diminta oleh lembaga tersebut. Sehingga kepuasan donatur menjadi poin yang sangat penting.

Metode yang Dilakukan Agar Fundraising Sukses

Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan untuk fundraising Indonesia agar penggalangan dana berjalan dengan sukses, diantaranya :

  1. Event

Metode yang sering dilakukan lembaga fundraising Indonesia adalah dengan mengadakan event atau kegiatan yang membutuhkan peran langsung dari masyarakat. Ajang ini biasa digunakan dermawan untuk bersosialisasi dan menyumbang. Acara tersebut bisa berupa lelang, konser musik, lomba, dll.

  1. Kampanye Lewat Media

Metode satu ini biasanya dilakukan oleh lembaga fundraising Indonesia yang memiliki media atau memiliki kedekatan dan keterkaitan dengan media. Kegiatan ini dilakukan dengan menggalang dana lewat media massa, namun biaya yang diperlukan cukup besar. Sehingga tidak terlalu banyak lembaga yang menggunakan metode ini.

  1. Payroll Giving

Adalah metode yang dilakukan lembaga fundraising Indonesia dengan memberi cara otorisasi kepada perusahaan untuk memberikan sekian-sekian ratus, sekian ribu rupiah atau dalam jumlah tertentu.

  1. Kanvasing Publik

Metode ini dilakukan oleh lembaga fundraising Indonesia di tempat umum dengan sasaran masyarakat. Biasanya metode ini digunakan oleh penyumbang sebagai penyaluran kedermawanan mereka.

  1. Teman, Keluarga, atau Orang yang di kenal

Metode ini digunakan oleh lembaga fundraising Indonesia dengan memanfaatkan hubungan pertemanan, kekerabatan, bahkan terkadang melibatkan artis atau orang yang berpengaruh di tempatnya. Hal ini dikarenakan akan menumbuhkan kepercayaan bagi masyarakat yang menyumbang. Mereka menganggap bahwa mereka menyumbang kepada orang yang bisa dipercaya.

  1. Dipotong Langsung dari Pembelian
READ :  Coworking Space Jogja Paling Nyaman Fasilitas Terlengkap Terbaik

Metode terakhir yang sering digunakan lembaga fundraising Indonesia adalah dengan memotong langsung dari pembelian suatu produk maupun penggunaan jasa. Hal inj sering terjadi di mall, pusat perbelanjaan, retailer, atau di tempat jasa lain.

Itulah tujuan dan metode yang digunakan oleh lemabaga fundraising Indonesia. Jika ingin menjadi donatur pastikan bahwa lembaga maupun organisasi tersebut memang dapat dipercaya sehingga tidak akan ada penyalahgunaan dari uang hasil penggalangan dana.

Tujuan dan Metode yang Dilakukan bagi Lembaga Fundraising Indonesia | phreeque | 4.5