Tips Melakukan Crowdfunding Tanah Agar Sukses

Crowdfunding merupakan sebuah metode yang bertujuan untuk mengumpulkan dana dari beberapa pihak. Dan dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk membiayai sebuah proyek atau yang lainnya. Banyak jenis crowdfunding di Indonesia salah satunya adalah crowdfunding tanah.

Tips Melakukan Crowdfunding Tanah Agar Sukses

Untuk sebagian orang mungkin hal ini sedikit asing untuk dilakukan. Meski begitu jenis crowdfunding bisa dimanfaatkan sebagai cara dalam mencapai target yang diinginkan. Untuk yang berminat melakukannya, berikut tips melakukan crowdfunding tanah agar sukses. Diantaranya :

  1. Selektif Dalam Memilih Situs Crowdfunding

Tips pertama yang bisa digunakan dalam menjalankan crowdfunding tanah adalah selektif dalam memilih situs yang akan digunakan. Hal ini jelas karena crowdfunding umumnya disediakan melalui beberapa platform pada situs di internet. Dan tentunya tidak semua situs bisa dipercaya begitu saja.

Melihat crowdfunding biasanya membutuhkan dana besar, tentu pelaksanaannya pun harus selektif. Hal ini juga digunakan untuk menghindari penipuan dari beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk itu sebelum memutuskan untuk melakukan crowdfunding, pilih secara selektif situs/pemberi dana yang akan bergabung.

  1. Lakukan Kampanye Yang Menarik

Setelah menemukan platform atau situs yang tepat, tips berikutnya dalam melakukan crowdfunding ini adalah melakukan kampanye. Kenapa bisa begitu? Hal ini jelas karena dengan kampanye, tentu orang akan tertarik dengan ide yang kita buat. Selain itu bisa saja dari mereka mau menginvestasikan dana untuk kemajuan proyek yang akan dijalankan.

Saat menjalankan kampanye, usahakan buat sebagus mungkin. Selain itu jangan juga meniru gaya kampanye atau ide dari orang lain. Hal ini dikarenakan semakin unik promosi yang dibuat, tentu peminat yang akan bergabung juga akan semakin banyak. Untuk itu pelajarilah cara kampanye yang bagus agar proyek yang diinginkan segera terealisasi.

  1. Buat Penjelasan Tentang Proyek Yang Akan Dijalankan

Selain melakukan kampanye, tentu penjelasan tentang rencana proyek juga perlu dipublikasikan. Hal ini dikarenakan mana mungkin mendapatkan investor jika mereka tidak tahu proyek yang akan mereka ikuti. Untuk itu hal ini penting diperhatikan terutama yang ingin melakukan crowdfunding.

READ :  Tujuan dan Metode yang Dilakukan bagi Lembaga Fundraising Indonesia

Tidak hanya itu, jika ingin mendapatkan dan ayang banyak berikan pula penjelasan tentang manfaat proyek bagi investor. Hal ini jelas karena selain tujuan, tentu pemberi dana ingin mengetahui hal apa yang akan mereka dapat seterusnya. Untuk itu dalam melakukan crowdfunsing, informasi lengkap tentang tujuan dan manfaat proyek sangat dibutuhkan.

  1. Cari Pemberi Dana Yang Potensial

Selain beberapa hal diatas, tentu kurang lengkap jika tidak membahas perihal pemberi dana proyek. Dalam mencari pemberi dana tentu harus yang potensial. Bagaimana caranya? Yaitu dengan membuat rancangan proyek yang semenarik mungkin.

Ini jelas karena secara umum investor akan tertarik menginvestasikan uang merek jika tertarik dengan proyek yang mereka anggap menguntungkan. Untuk itu berikan semua info yang mereka butuhkan. Dengan begitu crowdfunding ini akan bisa segera membantu pembangunan proyek serta target yang diinginkan.

  1. Berikan Apresiasi Kepada Partner

Tips selanjutnya dalam melakukan crowdfunding tanah adalah memberikan apresiasi kepada partner. Ya, seperti sudah kita ketahui bahwa hal utama yang paling penting dalam melakukan crowdfunding adalah partner. Tanpa adanya rekan kerjasama, tentu investasi ini tidak akan berjalan dengan lancar.

Agar hubungan dengan partner semakin baik, berikan apresiasi sebaik mungkin atas semua pencapaian yang sudah diraih. Selain itu cantumkan pula nama mereka pada bisnis yang dijalankan bersama. Tidak hanya itu, berikan pula penjelasan tentang manfaat investasi ini. Dengan begitu tentu kerjasama yang di bangun bisa berjalan lancar.

  1. Terus Lakukan Inovasi Kedepan

Tips lainnya yang juga penting untuk dilakukan ketika ingin melakukan crowdfunding tanah adalah selalu melakukan inovasi. Inovasi yang dimaksud disini bisa berupa promosi atau semacamnya. Selain itu jalinan kerjasama yang baik dengan investor juga harus dijunjung tinggi.

READ :  Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding

Tidak hanya itu, target pencapaian juga harus di bincangkan dengan partner secara transparan. Ini dilakukan agar tidak timbul kecurigaan yang nantinya akan menimbulkan konflik. Selain itu rundingkan pula perkembangan investasi yang dilakukan agar bisa mencapai tujuan bersama.

Dari beberapa penjelasan diatas, bisa disimpulkan banyak tips yang bisa digunakan untuk mensukseskan crowdfunding tanah ini. Namun jika masih mengalami keraguan atau bimbang, bisa belajar langsung pada orang yang berpengalaman. Dengan  begitu wawasan serta semangat untuk melakukan investasi ini semakin terbangun.

Tips Melakukan Crowdfunding Tanah Agar Sukses | phreeque | 4.5