Penilaian Ekonomi Desa Adalah Indikator Kemajuan Pembangunan

Ekonomi desa adalah hal penting bagi terbentuknya suatu desa yang memiliki kemajuan pembangunan dalam segala aspek. Ini terjadi karena besarnya pengaruh keberhasilan perekonomian terhadap seluruh kegiatan kehidupan dalam desa. Termasuk diantaranya pendidikan, pembangunan infrastruktur dan hilangnya kesenjangan sosial.

Penilaian Ekonomi Desa Adalah Indikator Kemajuan Pembangunan

Untuk itu adanya penilaian ekonomi desa adalah langkah penting sebagai identifikasi keberhasilan pembangunan sebuah desa. Hasil dari penilaian tersebut akan dapat digunakan untuk mengevaluasi program yang dijalankan sehingga akan dihasilkan kebijakan baru yang lebih menguntungkan. Point-point penilaian tersebut dapat dilihat dari hal-hal berikut;

Pelaku Ekonomi Desa Yang Terlibat

Pelaku yang terlibat dalam ekonomi desa adalah seluruh warga masyarakat dan pemerintahan setempat. Bersatunya antara masyarakat dan pemerintahan akan semakin menciptakan pembangunan yang cepat.

Hal ini dapat tercapai bila pelaksanaan kegiatan perekonomian dalam suatu desa diambil dari hasil mufakat.  Dan keterlibatan aktif dua pihak ini akan memberikan hasil yang progresif bagi kemajuan perekonomian suatu desa.

Sumber Ekonomi Yang Digeluti

Sedangkan untuk penilaian ekonomi desa bagi indikator keberhasilan pembangunan yang berikutnya adalah mengenai sumber ekonomi. Point yang sesuai dengan penilaian adalah suatu desa yang mendapatkan sumber perekonomian dari hal-hal paling berpotensi.

Sumber ekonomi desa adalah cara masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi yang paling sesuai dengan potensi desa. Hal ini dapat berupa pertanian, peternakan, perikanan perkebunan maupun industri.

Suatu desa dapat memiliki kemajuan dalam pembangunan bila pemilihan sumber ekonomi terbesar diambil dari sumber ekonomi yang paling sesuai dengan potensi. Suatu desa yang memiliki banyak ladang dapat berhasil di sektor pertanian. Begitupun dengan desa yang memiliki sumber pengairan terbaik dapat sukses dalam bidang perikanan.

Kemajuan Dari Segi Ekonomi Yang Tercapai

Banyak hal yang menggambarkan kemajuan ekonomi yang dialami oleh suatu desa. Penilaian itu dapat diambil dari hal dibawah ini;

1. Swasembada Pangan

Suatu desa dikatakan berhasil secara ekonomi ketika mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Hal ini bukanlah berarti semua bahan makanan adalah produk dari desa tersebut. Namun pemaknaan dari swasembada pangan adalah masyarakat secara mandiri mampu memenuhi kebutuhan mereka tanpa bantuan.

2. Meratanya Distribusi

Proses distribusi yang merata diperoleh dari banyak hal, seperti akses jalan yang mudah serta ketersediaan barang dalam jumlah cukup. Desa yang memiliki ekonomi berhasil tidak akan mengalami kesenjangan distribusi khususnya sembako dengan harga stabil.

3. Pendidikan Terjangkau

Ekonomi desa adalah salah satu hal penting yang akan berpengaruh besar terhadap pendidikan. Masyarakat dengan kekurangan ekonomi akan kesulitan memenuhi kebutuhan pendidikan putra putrinya.

4. Pembangunan Infrastruktur

Untuk menjamin semua hal berjalan lancar, seperti pembangunan, ketersediaan bahan pangan sampai hubungan antar desa. Pembangunan adalah wujud keberhasilan yang mampu dilihat secara fisik.

5. Kesenjangan Sosial Yang Samar

Pada akhirnya kesenjangan antara si kaya dan si miskin tidak akan dapat lagi terlihat.keberhasilan ekonomi membuat perbedaan ini menjadi melebur.

Jenis Kegiatan Yang Dilakukan Masyarakat

Banyak hal dari jenis kegiatan yang menggambarkan kesuksesan dalam bidang ekonomi desa. Yaitu masyarakat melakukan segala jenis kegiatan perekonomian dengan mandiri, yang meliputi;

  • Produksi : masyarakat mampu untuk melakukan kegiatan produksi penciptaan produk baik barang atau jasa. Dimana produk tersebut menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat. Produktivitas produk dengan nilai guna yang tinggi sehingga omsetnyapun akan mampu memenuhi kebutuhan dan turut dalam pengembangan pembangunan.
  • Distribusi : produksi yang dilakukan masyarakat mampu tersalurkan. Sehingga tidak ada produksi yang tidak mendapatkan tempat pemasaran. Persebaran ini juga akan menghindarkan dari tidak tercukupinya kebutuhan akibat gangguan distribusi.
  • Konsumsi : kebutuhan akan konsumsi telah terpenuhi secara mandiri. Sehingga masyarakat tidak lagi memusingkan mengenai pemenuhan kebutuhan primer ini.
  • Investasi : setiap anggota masyarakat sudah mampu melakukan kegiatan investasi. Baik dalam bentuk simpanan, deposito atau bentuk penyimpanan kekayaan yang lain.

Tujuan Ekonomi Tercapai

Tercapainya keberhasilan Ekonomi desa adalah dengan mampunyai masyarakat untuk memenuhi segala kebutuhan. Baik kebutuhan primer, sekunder maupun tersier. Ketika ketiga kebutuhan ini terpenuhi maka telah tuntas lah penilaian ekonomi desa adalah indikator dari keberhasilan pembangunan.

Penjelasan diatas adalah hal-hal yang menjadi penilaian dari ekonomi desa sebagai indikator keberhasilan pembangunan. Dibutuhkan kerjasama yang kompak dari segala lapisan masyarakat agar tercipta ekonomi desa yang kuat. Ekonomi yang mampu menghidupi masyarakatnya dan memenuhi kebutuhan aktualisasi diri di setiap anggota masyarakat.

Penilaian Ekonomi Desa Adalah Indikator Kemajuan Pembangunan | phreeque | 4.5