Pengertian Crowdfunding To Peer Adalah

Pengertian Crowdfunding To Peer – Perkembangan teknologi finansial yang semakin bergerak cepat membuat nama peer-to-peer lending dan juga crowdfunding terus terdengar di kalangan wirausahawan. Tak sedikit masyarakat yang penasaran dengan konsep ini.  menyeruak ke permukaan, membuat banyak orang penasaran dengan konsep dan cara kerja kedua hal tersebut. Crowdfunding to peer adalah sebuah sebuah model pendanaan suatu usaha.

Pengertian Crowdfunding To Peer

Definisi Crowdfunding To Peer

Crowdfunding  To Peer adalah sistem pemberian finansial yang berada di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebenarnya Crowdfunding To Peer adalah gabungan dari nama peer-to-peer lending and crowdfunding . Kesamaan keduanya merupakan suatu platform online yang mengatasi masalah finansial di masyarakat. Namun sebenarnya keduanya adalah bentuk startup yang banyak digunakan saat ini.

Peer-to-peer Lending merupakan sebuah kegiatan pinjam meminjam antar perseorangan. Beberapa mendefinisikannya sebagai  perusahaan yang menjadi tempat untuk bertemunya investor sebagai pemberi pinjaman tunai dengan calon peminjam (kreditur). Kegiatan ini telah berjalan lama dalam bentuk berbeda dan seringkali dalam bentuk perjanjian informal. Salah satu contoh P2P Lending yaitu pinjaman online.

Berbeda dengan Peer-to-peer Lending, crowdfunding melibatkan tiga pihak yaitu pemberi dana, pemilik project, dan penyedia platform. Jika di sistem P2P Lending, seseorang akan mendapatkan uang dengan meminjam dalam crowdfunding seseorang akan  mendapatkan dana dalam bentuk donasi atau urunan. Cukup menceritakan ide bisnis serta peluang dari bisnis tersebut, jika menarik akan ada pemberi dana yang beramai-ramai untuk mendanai ide bisnis tersebut.

Perbedaan Crowdfunding Dan Peer-To-Peer Lending

Crowdfunding To Peer adalah  dua model usaha yang sama-sama bergerak di bidang finansial. Namun kedua nya yaitu peer-to-peer lending dan crowdfunding memiliki implikasi yang berbeda, terutama terkait cash flow dan  juga profitabilitas. Untuk lebih lengkapnya simak beberapa perbedaan

  1. Sifat CrowdfundingDan Peer-To-Peer Lending

Pada sistem crowdfunding seseorang yang tertarik dan suka dengan ide bisnis atau story yang dipaparkan dapat langsung memberikan dana. Penyedia dana akan memberikan dana yang bersifat  sukarela tanpa paksaan dan tidak perlu mengetahui sejarah ataupun grafik penjualan bisnis tersebut.

READ :  Punya Modal? Buka Usaha Apotik Aja!

Sedangkan sistem peer-to-peer lending adalah penyedia jasa pinjaman uang tunai. Dana yang diberikan untuk mengembangkan usaha maupun untuk kepentingaan lainnya bersifat pinjaman harus dibayar beserta bunga yang ditetapkan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

  1. Kompensasi Dana CrowdfundingDan Peer-To-Peer Lending

Dalam sistem crowdfunding bisa dibedakan menjadi dua hal, yaitu crowdfunding berbasis reward (penghargaan) dan ekuitas. Seseorang yang mendapatkan dana dari sistem crowdfunding dapat memberikan kompensasi kepada pemberi dana berupa (reward) hadiah, biasanya hadiah ini sesuai dengan project yang sedang dijalankan. Kompensasi juga dapat berbentuk saham usaha atau ekuitas jadi mirip dengan inventasi.

Sedangkan dalam sistem peer-to-peer Lending kompensasi yang diberikan adalah suku bunga. Suku bunga akan dibayarkan bersama dengan uang yang dipinjamnya. Besar bunga yang dipatok penyedia pinjaman online pun bermacam-macam bahkan dapat mencapai 0,3 %.

  1. Kesepakatan Yang Ditetapkan CrowdfundingDan Peer-To-Peer Lending

Dalam sistem peer-to-peer Lending, peminjam atau seseorang yang membutuhkan dana akan dihadapkan dengan kesepakatan perjanjian tertulis. Perjanjian tertulis ini berisi tentang nominal jumlah dana yang akan dipinjam dari para investor beserta kewajiban yang harus dilakukan saat pengembalian. Sehingga, peminjam harus lebih rinci menanyakan segala sesuatu yang sekiranya dibutuhkan, agar tidak penyesalan di akhir.

Sedangkan sistem crowdfunding  tidak memerlukan kesepakatan dalam bentuk perjanjian tertulis. Pemberi dana dalam sistem crowdfunding memberikan dana secara sukarela. Beberapa kesepakatan  dalam crowdfunding berbasis ekuitas, adanya saham yang dimiliki investor yang telah memberikan dana.

  1. Faktor Penting Untuk Memenangkan Dana Dari CrowdfundingDan Peer-To-Peer Lending

Bagi pengusaha yang ingin mengajukan pinjaman dana melalui pinjaman online peer-to-peer lending harus memiliki track record usaha yang bagus. Sejumlah track record yang perlu dimiliki peminjam yaitu pengalaman dalam menjalankan bisnis, rencana bisnis yang disusun, besarnya peluang pangsa pasar terhadap produk dan sejumlah hal lainnya. Track record yang buruk tentu sangat minimnya peluang untuk mendapatkan dana.

READ :  Pengelolaan Dana Desa Untuk Menekan Kemiskinan

Berbeda dengan peer-to-peer lending, sistem crowdfunding mengutamakan kecakapan menulis cerita atau story telling serta penyusunan ide bisnis. Konsep cerita yang menarik sangat besar pengaruhnya untuk menarik minat investor agar memberikan donasi untuk mengembangkan usaha yang akan dijalankan.

Pengertian Crowdfunding To Peer Adalah | phreeque | 4.5