Pelaksanaan Sistem Ekonomi Desa Terbaik Dengan Sistem Campuran

Banyak pilihan yang dapat dilakukan desa untuk memilih sistem ekonomi yang akan mengatur masyarakatnya. Sistem ekonomi yang dapat diterapkan diantaranya adalah sistem ekonomi tradisional, liberal dan campuran. Namun yang terbaik adalah desa menggunakan sistem ekonomi campuran.

29. Pelaksanaan Sistem Ekonomi Desa Terbaik Dengan Sistem Campuran

Sistem ini merupakan perpaduan antara sistem tradisional dan liberal. Dengan penggunaan sistem ekonomi campuran kemandirian masyarakat terkatrol namun tetap dengan adanya peran kontrol pemerintah. Hal-hal positif yang dapat diperoleh dengan penerapan sistem ekonomi desa menggunakan sistem campuran adalah;

  1. Membebaskan Raskyat Untuk Aktif Berperan   

Keikutsertaan masyarakat tidak dikebiri dalam sistem ini sehingga kreatifitas mereka menjadi terasah. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat memiliki kemandirian dalam mengatur ekonomi mereka masing-masing.

Melalui banyak cara, banyak usaha dalam segala sektor baik melalui pertanian, peternakan, industri maupun wirausaha. Daya saing masyarakat menjadi lebih terpacu untuk dapat menciptakan perekonomian yang sejahtera.

  1. Masyarakat Terdorong Untuk Dapat Berproduksi

Sistem campuran adalah sebuah sistem yang memberikan kebebasan memilih kegiatan perekonomian bagi masyarakatnya tetapi tepa ada pengawasan dari pemerintah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penguasaan sumber daya ekonomi oleh seorang atau sekelompok orang saja.

Penerapan sistem ini memberikan dorongan kepada masyarakat untuk dapat berproduksi dan aktif dalam memperjuangkan ekonominya. Pemilihan aktivitas ekonomi dilakukan berdasarkan pengetahuan dan juga kebebasan memilih sesuai dengan penguasaan terhadap salah satu sektor.

  1. Masih Adanya Kontrol Dari Pemerintah

Pemerintah memiliki kontrol yang mampu untuk mengawasi keberlangsungan sistem ekonomi. Dalam hal ini jalannya proses perekonomian nantinya tidak akan pernah dikuasai oleh golongan tertentu saja. Pemerintah dalam hal ini juga berfungsi untuk melindungi sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh masyarakat desa.

Sehingga tidak ada ketimpangan yang terlihat jelas diantara satu warga dan lainnya. Pemerintah andil aktif dalam setiap pembentukan kebijaksanaan yang bertujuan memenuhi kepentingan masyarakat desa.

  1. Terjadi Sistem Kerjasama Bagus

Sistem ekonomi desa yang berhasil adalah sebuah sistem yang terjalin berkat kerja sama yang sangat solid diantara anggotanya. Baik dari masyarakat, segenap pemerintahan, serta semua lapisan dari segala bidang profesi.

Kerjasama menjadi penyatu keberanekaragaman pemikiran dengan satu tujuan yaitu kemerdekaan ekonomi. Setiap pengambilan keputusan diambil dengan cara mufakat dan demokrasi.

Hal ini menjadi point pembeda penting sistem ekonomi desa campuran dengan sistem ekonomi liberal atau terpimpin. Dimana sistem ekonomi liberal dalam pengambilan keputusan sealau atas dasar pemikiran pemerintah tanpa tampungan aspirasi dari masyarakat.

  1. Tercipta Sistem Ekonomi Yang Teratur

Pelaksanaan sistem ekonomi desa dengan menggunakan sistem ekonomi campuran akan dapat menciptakan tatanan ekonomi yang teratur. Sehingga cita-cita masyarakat mengenai kemerdekaan ekonomi dapat tercapai. Hal tersebut dapat terlihat dari;

Adanya Kontrol Harga

Terdapat keseimbang dalam penetapan kebijaksanaan harga pasar. Sehingga tidak akan ada harga yang naik turun secara tidak terkontrol. Harga pasar yang kacau akan sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat. Namun saat harga yang ditetapkan ada dalam keseimbangan maka tercipta percepatan pembangunan perekonomian.

Penditribusian Barang Merata

Sistem ekonomi yang teratur juga ditandai dengan pemerataan distribusi barang. Tidak ada wilayah desa yang didahulukan dalam pemenuhan kebutuhan dengan mengesampingkan wilayah yang lain. Semua wilayah diangap sama dan mendapat perhatian yang sama pula.

Pendistribusian barang dilakukan secara merata sehingga tidak akan menimbulkan kesan kelangkaan. Kebutuhan masyarakat pun akan dapat terpenuhi dalam waktu yang tepat.

Pelaksanaan Pembangunan

Pembangunan yang berhasil dapat diperoleh dari pelaksanaan sistem perekonomian yang maju. Keberhasilan pembangunan mencangkup banyak bidang, seperti;

  • Infrastuktur Umum : Kondisi jalan yang bagus, jembatan yang kokoh serta pengairan yang mencukupi kebutuhan adalah bentuk dari keberhasilan pembangunan infrastruktur umum. Pembangunan ini menjadi pemenuhan kebutuhan seluruh masyarakat tanpa terkecuali.
  • Pendidikan : Pendidikan adalah kunci terciptanya masyarakat yang cerdas, yang nantinya akan mampu melaksanakan kegiatan ekonomi secara mandiri. Pendidikan semua masyarakat telah sesuai dengan wajib belajar yang ditentukan oleh pemerintahan Negara Indonesia. Sehingga tercipta sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu bersaing.
  • Pembangunan Dalam Bidang Kesehatan : Pembangunan dalam bidang kesehatan akan mampu menurunkan angka kematian dan kesakitan. Masyarakat yang sehat secara jasmani akan mampu memenuhi swasembada pangan mereka sendiri.

Itulah hal-hal positif yang dapat diperoleh melalui pelaksanaan sistem ekonomi desa campuran. Sistem ini tidak mengekang kebebasan berekonomi masyarakat yang merupakan hak asasi. Namun juga adanya kontol sehingga tidak akan ada gesekan diantara masyarakat.

Pelaksanaan Sistem Ekonomi Desa Terbaik Dengan Sistem Campuran | phreeque | 4.5