Modal Minimal Ternak Bebek, Cek Infonya Disini

Modal Minimal Ternak Bebek – Bagi Anda yang berdomisili di desa, membuka bisnis tentu lebih mudah ketimbang di kota. Mengapa? Lahan yang luas di desa bisa menjadi sumber penghasilan baru yang menguntungkan jika dikelola dengan benar. Nah bagi anda yang memiliki lahan cukup luas di desa namun belum tahu mau membuat usaha apa, membuka usaha di bidang pertanian modern, atau beternak bisa menjadi solusi.

Modal Minimal Ternak Bebek, Cek Infonya Disini

Membuka usaha di bidang pertanian modern atau beternak memang, tidak membutuhkan modal yang sedikit, namun paling tidak anda sudah diuntungkan dengan biaya sewa lahan yang tidak perlu anda bayarkan karena sudah memiliki lahan sendiri. Nah berbicara soal peluang usaha 2020 ternak di desa, hal ini terbilang satu bisnis atau usaha yang sangat pas, mengingat kondisi alam di desa yang memang masih mendukung, ditambah lagi dengan sudah tersedianya lahan yang tentu sayang jika tidak dimanfaatkan.

Nah jika sebelumnya kita sudah membahas tentang bagaimana cara memulai dan berapa modal awal yang harus di keluarkan dalam membangun bisnis peternakan sapi beserta omset yang bisa kita dapatkan disini, kali ini kita akan membahas mengenai peluang usaha desa lainnya yakni masih dalam usaha peternakan, kali ini usaha ternak bebek.

Berbicara soal bebek, anda pasti familiar dengan menu makanan bebek goreng yang yummy bukan? Atau martabak spesial dengan dua telur bebek di dalamnya? Nah itu beberapa contoh pangsa pasar usaha ternak bebek kita. Sebelum membahas lebih lanjut mengnai usaha ini, mari kita bahas dari segi modal terlebih dahulu.

Membuka usaha ternak bebek ini terbilang cukup menguntungnkan jika anda sudah memiliki lahan yang luas di desa untuk membangun peternakan anda. Nah bagi anda yang memang sudah memiliki lahan yan gluas di desa, usaha ini sangat cocok untuk anda buka. Mari kita lihat dari segi permodalannya terlebih dahulu:

READ :  Lembaga Ekonomi Desa, Solusi Masalah Perekonomian Yang Ada Di Desa

Modal awal

Estimasi biaya di bawah ini dapat berubah sesuai dengan kebutuhan anda nantinya dan dapat disesuaikan dengan modal yang anda miliki, namun gambaran modalnya sebagai berikut:

Kebutuhan Estimasi biaya
Kandang bebek Rp. 5.000.000 untuk kandang standar
Peralatan dan perlengkapan peternakan Rp. 2.000.000
Bibit bebek berkualitas (100 ekor) Rp. 6.000.000 (@60.000)
Pakan bebek Rp. 1.000.000
Biaya Air, listrik Rp. 500.000
Obat dan vitamin Rp. 200.000
Total biaya Rp. 14.700.000

Untuk biaya di atas merupakan modal awal untuk membuka usaha ternak bebek pedaging. Namun jika anda lebih ingin membuka usaha ternak bebek petelur, biaya awal pengeluaran kita mungkin lebih sedikit karena harga satuan bibit bebek petelur dibanderol dengan harga Rp. 50.000, Rp. 10.000 lebih murah dibanding bibit bebek pedaging.

Untuk pemasarannya sendiri baik bebek petelu r maupun pedaging sama-sama memiliki pasar yang luas. Kita bisa menjadi supplier di warung-warung makan yang menjual menu bebek, kemudian kita juga bisa mensupplay telur ke sentra industri telur asin, atau malah anda sendiri tertarik untuk sekalian membuka usaha telur asin rumahan?

Bisa. Untuk harga telur bebek sendiri saat ini adalah Rp. 1.700 per butirnya. Anda berpotensi mendapatkan keuntungan lebih dengan mengolahnya menjadi telur asin yang tentunya banyak disukai masyarakat kita.

Bisins ini terbilang cukup prospektif dan fleksibel mengingat bebek merupakan salah satu ternak yang tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, anda bisa juga mengembangkan usaha ini dengan sistem umbaran, yakni membawa bebek-bebek yang anda miliki ke sawah yang sudah selesai dipanen untuk mencari sendiri makanan mereka. Hal ini lebih menghemat pengeluaran anda untuk pakan. Namun, perawatan bebek akan lebih intensif dan terkontrol jika anda memiliki kandang modern sendiri.

READ :  7 Daftar Bisnis Online Terbaru 2019 Yang Menjanjikan

Bisnis ini kini banyak dilirik oleh mereka yang sedang mencari peluang usaha di desa mengingat banyaknya permintaan akan telur dan daging bebek. Terlebih lagi musim-musim puasa  menjelang lebaran seperti ini, omset penjualan telur dan daging bebek semakin meningkat. Semoga artikel ini dapat memberikan Anda inspirasi peluang bisnis terutama peluang bisnis di desa yang sedang anda cari. Selamat mencoba!

Modal Minimal Ternak Bebek, Cek Infonya Disini | phreeque | 4.5