Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik

Crowdfunding Bisnis – Banyaknya pendirian startup dan Usaha Kecil Menengah (UKM) menimbulkan masalah terkait pengembangan usaha. Masalah tersebut tidak lain diakibatkan sulitnya para pengusaha untuk memperoleh pendanaan. Maka dari itu solusi yang tepat dengan memanfaatkan crowdfunding bisnis plan. Para pengusaha dapat menarik minat para investor dengan rencana bisnis yang diusulkan.

Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik

Definisi Crowdfunding

Crowdfunding merupakan cara untuk menggalang dana secara sukarela mirip seperti bentuk donasi. Dalam sistem crowdfunding melibatkan tiga pihak yaitu  penyedia platform yang berfungsi sebagai penghubung,  pemilik proyek atau partner yang membutuhkan dana serta  pemberi dana atau investor. Tidak ada persyaratan khusus yang mempengaruhi keputusan investor dalam memberikan dana.

Sebuah perusaahan yang mengajukan dana melalui crowdfunding, biasanya menawarkan dua pilihan kompensasi yaitu :

  • Saham. Pencari modal atau pebisnis startup akan memberikan kompensasi berupa saham kepada investor. Artinya investor yang telah memberikan dana untuk pengelolaan bisnis tersebut akan memiliki saham dari perusahann sebagai balasan dari donasi yang diberikan.
  • Reward. Kompensasi kedua yang diberikan oleh pelaku bisnis ketika memperoleh sumbangan dana yaitu dengan memberikan reward atau hadiah. Reward tersebut dapat berupa voucher diskon atas produk yang dijual, menyebutkan nama  pemberi dana di website, memberikan kaos atau berupa hadiah-hadiah kecil lainnya yang dapat mendukung proyek.

Cara Mendapatkan Crowdfunding Bisnis Plan

Untuk bisa memperoleh dana, pembisnis perlu menyusun crowdfunding bisnis plan. Pertimbangan utama yang mempengaruhi investor untuk mendonasikan dana melalui crowdfunding yaitu berdasarkan dengan model bisnis serta ide sebuah startup. Sehingga kemahiran pelaku bisnis dalam menyusun crowdfunding bisnis plan yang menarik sangatlah diperlukan.

Berikut ini empat cara yang perlu diperhatikan agar mendapatkan dana dari crowdfunding :

  1. Produk Yang Bermanfaat
READ :  Tips Melakukan Crowdfunding Tanah Agar Sukses

Berbagai jenis produk yang ditawarkan saat pengajuan dana melalui crowdfunding, pastikan produk tersebut mempunyai banyak manfaat serta mampu menyelesaikan masalah di masyarakat. Pemilik startup perlu menjelaskan terkait pentingnya sebuah proyek yang sedang dikerjakan serta manfaatnya untuk orang banyak.

Agar bisa menciptakan produk hebat perlu dilandasi dari sebuah pengalaman pribadi atau juga dapat mengikuti tren saat ini. Pelaku bisnis perlu mencari inspirasi atau mellihat tingkat urgensi yang ada di masyarakat. Semakin besar manfaat suatu produk untuk mengatasi masalah di masyarakat, peluang memperoleh dana juga semakin besar.

  1. Buat Target Realistis

Dalam penyusunan crowdfunding bisnis plan, tidak sedikit orang yang menargetkan dana dalam jumlah yang besar. Padahal, jumlah  tersebut tidak benar-benar dibutuhkan dalam pengembangan bisnisnya. Jangan menyusun target dengan nilai tinggi, misalnya mencapai 500 juta, padahal dana tersebut tidak dibutuhkan sebanyak itu.

Buatlah target dana dalam jumlah yang realistis. Penyusunan dana yang tidak masuka akan membuat investor atau pemberi dana bertanya-tanya digunakan untuk apa dana sebanyak itu.  Beberapa juga akan berpikir ulang ketika telah tertarik dengan ide namun kebutuhan dana tidak realistis. Sehingga penyusunan dana yang realistis cukup mempengaruhi kemungkinan perolehan dana.

  1. Deskripsi Produk Dalam Bentuk Video

Kecanggihan teknologi juga dapat digunakan dengan memberikan deskripsi mengenai produk dalam bentuk video. Hal in mempunyai peluang besar untuk mendapatkan perhatian secara cepat. Dalam video bisa menjelaskan mengenai produk atau proyek yang sedang digagas, manfaat yang ditumbulkan dari produk tersebut, proses pelibatan banyak orang, serta yang paling penting yaitu cara untuk dapat mewujudkannya.

Konten video harus berisi ajakan agar orang yang melihat tertarik untuk ikut berdonasi. Dalam pembuatan konten video juga tidak memerlukan peralatan yang mahal. Hal yang penting dalam pembuatan konten video lebih atraktif agar terlihat menarik. Usahakan video tidak dalam durasi yang  lama, hal ini juga akan menimbulkan kebosanan penonton.

  1. Update Selalu Perkembangan Proyek
READ :  Penilaian Ekonomi Desa Adalah Indikator Kemajuan Pembangunan

Pelaku usaha perlu melakukan update secara rutin dari setiap aksi yang telah, akan dan sedang dilakukan. Hal ini dapat berupa update mengenai pencapaian dana target, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk dapat mencapai target tersebut, hingga komentar ataupun respon positif yang telah diterima serta banyak hal lainnya.

Cara ini juga dapat menarik orang-orang yang belum tahu serta belum ikut  berdonasi menjadi lebih antusias. Sehingga dapat menambah peluang besar mendapatkan donasi lebih banyak. Update dapat dilakukan per hari atau per minggu, atau sesuai dengan adanya perkembangan dari project tersebut.

Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik | phreeque | 4.5