Meningkatkan Ekonomi Di Desa Berkembang Melalui Pelaksanaan BUMDes

Sebuah desa yang berkembang harus mampu untuk memperjuangkan perekonomiannya untuk terus menuju desa yang maju. Perekonomian di desa berkembang harus diperjuangkan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan maksimal. Proses pembangunan ekonomi di desa berkembang dapat didorong melalui program BUMDes.

Sebuah program yang dicanangkan oleh pemerintah untuk dapat menciptakan kemandirian perekonomian masyarakat. Pelaksanaan BUMDes ini nantinya akan berimbas sangat besar bagi perekonomian desa berkembang. Inilah alasan kuat mengapa pelaksanaan program BUMDes akan sangat memberikan dampak positif bagi ekonomi desa di berkembang;

  1. BUMDes Lahir Dari Pemikiran Bersama

Pelaksanaan BUMDes diawali dari kegiatan MusDes atau musyawarah desa oleh seluruh komponen masyarakat. Pertemuan ini membahas kegiatan guna menciptakan kemajuan ekonomi yang terbentuk berdasarkan kemandiran yaitu melalui badan usaha milik desa.

Keputusan bersama yang diambil akan dapat diperjuangkan secara bersama pula oleh seluruh masyarakat. Sehingga akan lebih memberikan dampak positif pada ekonomi. Musyawarah ini minimal berlangsung sebanyak dua kali, yaitu ;

  • Pertemuan awal pembentukan BUMDes. Pada pertemuan pertama di awal pembentukan BUMDes. Pada tahap ini juga dibentuk tim untuk mengawal berlangsungnya kegiatan BUMDes. Pemilihan tim dilakukan secara demokratis tanpa adanya KKN.
  • Pertemuan penyampaian keputusan final. Pertemuan yang berikutnya adalah penyampaian keputusan final mengenai program yang akan dilaksanakan. Termasuk di dalamnya adalah jenis program yang dipilih. Serta agenda waktu pelaksanaan program sesuai dengan kesepakatan disaksikan oleh masyarakat. Sehingga dalam hal ini nantinya masyarakat dapat melakukan peran kontrol terhadap setiap proses pelaksanaan program.
  1. Sumber Pendanaan Diambil Dari Kebijakan Desa

BUMDes yaitu badan usaha milik desa, dimana pelaksanaan badan usaha tersebut dikelola melalui modal utuh dari desa. Dana modal tersebut dapat diperoleh melalui kekayaan desa secara murni, tabungan masyarakat maupun bantuan dari pemerintah pusat.

Keputusan pengambilan sumber dana sebagai modal di tentukan oleh keputusan bersama saat pertemuan pembentukan BUMDes.

  1. Desa Dapat Memilih Jenis Bisnis

BUMDes memiliki banyak jenis bisnis yang dapat dipilih oleh masyarakat dalam memajukan ekonomi di desa berkembang. Beberapa alternatif bisnis tersebut adalah:

  • Bisnis Keuangan atau banking. Pembuatan koperasi simpan pinjam adalah salah satu dari jenis bisnis BUMDes di sektor keuangan. Selain dapat memenuhi kebutuhan simpan pinjam masyarakat sendiri juga dapat difungsikan secara konvensional untuk umum.
  • Persewaan. Modal yang telah diperoleh dapat dibelanjakan untuk dijadikan barang sewaan. Dimana arus keluar masuk barang dan uang dikelola murni oleh desa untuk kepentingan desa.
  • Penjualan. Membuka toko serba ada yang dikelola oleh desa dengan pendapatan omset dari penjualan. Baik dari penjualan dari masyarakat sendiri atau dari masyarakat umum. BUMDes ini berfungsi ganda sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat sebagai sumber keuangan desa berkembang.
  • Produktivitas . Membuat produk-produk berkualitas dengan mempekerjakan masyarakat sendiri menjadi BUMDes yang paling sesuai. Hal ini dapat menampung lebih banyak tenaga kerja dan mengurangi pengangguran. Sedang penjualan dari produk yang dibuat akan dapat meningkatkan ekonomi desa.
  1. Perkembangan Bisnis Menjadi Tanggung Jawab Bersama

Perkembangan BUMDes dapat mencapai puncak dalam waktu yang singkat oleh kerjasama semua masyarakat. Bahu-membahu dalam memberikan ide kreatifitas untuk memperoleh kebijakan terbaik bagi ekonomi di desa berkembang. Kebijakan tersebut berupa:

  • Innovasi Penciptaan Produk :Ide-ide dalam pembaharuan produk, untuk semakin meningkatkan nilai guna dari produk yang dihasilkan.
  • Peningkatan Kualitas Dan Kuantitas Produksi :Kualitas dan kuantitas dari produk harus selalu ditingkatkan. Kualitas yang bagus akan menarik banyak konsumen, sedangkan kuantitas yang banyak berguna untuk memenuhi kebutuhan pasar.
  • Perluasan Pasar Melalui E-Marketing: Daerah pemasaran usaha yang dibuat dapat dilakukan dengan banyak cara. Bisa melalui promosi media cetak ataupun elektronik. Dan perluasan pasar yang paling optimal adalah dengan melalui media internet.
  1. Pengelolaan Hasil Untuk Menaikkan Ekonomi Di Desa Berkembang

Hasil dari pengelolaan BUMDes tersebut dapat digunakan untuk memperbesar usaha yang telah dibangun. Serta untuk memajukan ekonomi di desa berkembang. Pengelolaan ini harus diawasi oleh masyarakat dan dilakukan dengan prinsip transparansi yang jelas.

Dengan dipilihnya BUMDes sebagai usaha meningkatkan ekonomi di desa berkembang diharapkan kemandirian dapat tercapai dalam waktu yang singkat. Usaha dalam memajukan ekonomi ini dijalankan berdasarkan kerjasama dan kekompakan oleh semua golongan masyarakat.

Meningkatkan Ekonomi Di Desa Berkembang Melalui Pelaksanaan BUMDes | phreeque | 4.5