Mengenal Sistem Permodalan Equity Crowdfunding

Dalam mengembangkan bisnis, salah satu hal yang sering menjadi kendala adalah modal. Pada umumnya sumber modal yang biasa digunakan untuk mengembangkan usaha adalah dalam bentuk pinjaman baik dari bank maupun yang lainnya. Namun seiring perkembangan teknologi finansial, pengusaha dapat menggalang dana tanpa harus terbebani pembayaran bunga serta pokok investasi yaitu dengan sistem permodalan Equity Crowdfunding.

Mengenal Sistem Permodalan Equity Crowdfunding

Dengan sistem tersebut pengusaha cukup menawarkan bagian sahan di perusahaannya sebagai kompensasi atas investasi yang sudah diberikan. Untuk lebih mengenal sistem permodalan Equity Crowdfunding, yuk simak beberapa ulasan berikut ini.

Apa Itu Sistem Permodalan Equity Crowdfunding?

Equity Crwodfunding merupakan bentuk crwodfunding atau penggalangan dana yang akan memberikan imbalan berupa saham kepada crowd investor. Besarnya saham tersebut berbeda-beda tergantung dari penawaran yang diberikan oleh perusahaan. Dimana penawaran didasarkan pada valuasi dari perusahan penggalang dana.

Kelebihan Menggunakan Sistem Permodalan Equity Crowdfunding

Menggunakan sistem permodalan Equity Crowdfunding tentu akan memberikan keuntungan tersendiri. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan dari sistem permodalan tersebut.

  • Lebih menghemat waktu dan uang.Untuk mendapatkan akses pendanaan menggunakan sistem ini, pengusaha cukup mendaftar secara online. Dengan demikian pengusaha tidak perlu lagi menghubungi calon investor untuk memberikan modal. Apabila proposal usaha yang dimasukkan sudah naik pada situs Equity Crowdfunding, maka sudah dapat dipastikan jika usaha kita akan segera didanai. Apalagi jika usaha kita memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan.
  • Memberi akses ke modal tanpa beban biaya. Sistem permodalan Equity Crowdfunding akan memudahkan setiap urusan pengusaha yang sedang membutuhkan modal. Hal ini dikarenakan dalam sistem tersebut terdapat crowd yang akan menjadi investor usaha kita. Dengan demikian seorang pengusaha tidak perlu khawatir mengenai bunga pinjaman, karena dalam sistem ini kita akan memberikan sebagian saham perusahan sebagai imbalan.
  • Membantu dalam mengatur strategi pemasaran. Untuk dapat memperkenalkan perusahaan atau startup, tentu kita harus mempromosikan di berbagai platform. Sistem permodalan Equity Crowdfunding sudah menyedikan platform tersendiri. Dengan demikian, kita dapat dengan mudah untuk menemukan investor sesuai yang diinginkan.
READ :  Usaha Ekonomi Desa Melalui Pengembangan Produk Lokal

Kekurangan Menggunakan Sistem Permodalan Equity Crowdfunding

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, sistem ini tentu juga memiliki kekurangan yang harus diketahui. Berikut ini beberapa kekurangan sistem Equity Crowdfunding yang patut untuk dipertimbangkan.

  • Tidak memberikan modal besar. Meskipun mudah, mengajukan pinjaman dana dengan sistem ini sangat dibatasi. Dimana seorang pengusaha tidak dapat mendapatkan dana dalam jumlah yang besar. Jika ingin mengajukan modal lebih besar, maka pengusaha dapat mengajukan ke perusahaan Private Equity yang sudah didukung investor kelas atas.
  • Mengikuti pendekatan all-or-Nothing. Sistem ini mengikuti pendekatan all-or-nothing, dimana investor akan mendapatkan hasil lebih dari yang diharapkan. Akan tetapi mereka juga dapat kehilangan semua itu.
  • Menjadikan proyek tidak fleksibel. Setiap investasi tentu memiliki resiko masing-masing. Salah satu resiko yang didapatkan dengan sistem permodalan ini yaitu membuat proyek kita menjadi tidak fleksibel. Karena setelah persyaratan serta ketentuan sudah diputuskan maka kita tidak dapat membuat perubahan besar tehadap ketentuan-ketentuan tersebut.
  • Dikenakan biaya oleh platform crowdfunding. Sebelum mengajukan proposal ke Equity Crowdfunding, pengusaha harus tahu mengenai biaya penncari dana. Karena tidak semua dana yang terkumpul dapat digunakan sebagai modal. Hal ini disebabkan adanya potongan biaya dari platform tersebut. Tidak hanya itu sistem permodalan Equity Crowdfunding, pendapatan perusahaan akan berkurang karena harus dibagikan kepada investor.

Langkah-langkah untuk Mendapatkan Modal dari Equity Crowdfunding

Untuk mengajukan penggalangan dana menggunakan sistem permodalan Equity Crowdfunding sangat mudah. Berikut ini langkah-langkan untuk mendapatkan modal dari Equity Crowdfunding.

  1. Membuat proposal usaha dengan menarik. Pastikan untuk membuat proposal usaha yang menarik, informatif dan interaktif. Dimana proposal tersebut berisi informasi mengenai jenis bisnis secara detail, proses manajemen, proses pemasaran hingga tujuan utama bisnis tersebut. Pastikan pula untuk menuliskan anggaran serta target pendanaan secara realistis dan jelas.
  2. Mendaftar ke situs crowdfunding. Proposal yang sudah dibuat dapat langsung didaftarkan pada salah satu situs crowdfunding Indonesia. Pastikan untuk menggunakan situs yang terpercaya dan terkenal. Antara lain Kickstarter, Akseleran, IndieGoGo dan RockerHUb.
READ :  Bisnis Online Menguntungkan Dengan Modal Di Bawah Rp. 100 Ribu

Nah itulah hal-hal yang harus diketahui mengenai sistem permodalan Equity Crowdfunding. Banyak pillihan yang dapat digunakan untuk mendapatkan modal. Jika kita memiliki ketajaman spekulasi serta mampu membaca pasar, alangkah baiknya untuk mempertimbangkan opsi tersebut sebagai pendukung proyek di sistem Equity Crowdfunding.

Mengenal Sistem Permodalan Equity Crowdfunding | phreeque | 4.5