Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding

Crowdfunding masih terlalu asing di Indonesia sistem kerja bisnis yang masih relatif baru ini memiliki situs dan manfaat yang sangat besar. Dari pengertian pun Crowdfunding merupakan ativitas penggalangan dari sejumlah orang yang memberikan modal untuk proyek maupun usaha melalui Internet.

Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding

Untuk itu Crowdfunding memiliki berbagai jenis jenis Crowdfunding yang dapat membantu pengembangan pendanaan aplikasi, proyek infrastruktur dan pertolongan pada bencana. Ide dasar dari situs crowdfunding ini sangat sederhana namun memiliki manfaat yang besar. Bagi kalian yang masih bingung dengan Crowdfunding yuk simak pembahasan berikut ini.

Manfaat Dari Crowdfunding

Pada tahapan pencarian investor yang terbaik biasanya akan menggunakan pengalaman dan yang jadi solusinya. Dimana solusi tersebut menjadi flesibilitas bagi startup. Ini disebabkan adanya manfaat dari Crowdfunding yang memberikan beberapa keuntungannya seperti :

  • Jangkauan, Dalam penggunaan platform Crowdfunding biasanya akan memiliki akses ribuan investor terpercaya yang akan berinteraksi untuk pembuatan suatu proyek yang baik dari adanya kampanye penggalangan dana.
  • Presentasi, Dalam mempresentasikan bisnis melalui Crowdfunding biasanya akan lebih membantu investor untuk mengenal dan menggali mengenai bisnis yang dibuatnya sehingga investor akan tertarik dengan adanya daya tarik dari proyek tersebut.
  • Pemasaran, peluncuran kampanye Crowfunding yang memasarkan kampanye melalui media sosial, email atau lainnya. Pemasaran ini yang akan menerapkan jenis jenis Crowdfunding agar semakin dikenal.
  • Validasi Konsep, Dengan menyajikan konsep bisnis biasanya akan meningkatkan peluang usaha agar terlihat valid. Disini calon investor akan mulai tertarik dan mengajukan pertanyaan
  • Efisiensi, Penggalangan dana yang dilakukan agar lebih terpusat dan terarah.

Dengan adanya pembuatan profil yang komprehensif yang bisa menyalurkan prospek pada calon investor.

Jenis Jenis Crowdfunding

Setelah membahas beberapa manfaat mengenai Crowdfunding, kini saatnya beralih ke jenis jenis Crowdfunding. Dimana jenis dari crowdfunding ini hampir sama dengan peningkatan modal bisnis yang cocok untuk ditawarkan melalui produk ataupyn layanan. Berikut ini setidaknya ada 5 jenis Crowdfunding yang akan dijelaskan dibawah ini :

  1. Crowdfunding Berbasis Donasi
READ :  Mari Mengenal Crowfunding, Keuntungan, Dan Sistem Kerja Secara Lebih Dekat

Jenis ini merupakan jenis penggalangan dana yang tidak ada syarat pengembalian dana finansial kepada investor yang membantunya. Jenis ini biasanya dilakukan dalam bantuan bencana alam, tagihan medis, amal dan lain-lain.

  1. Crowdfunding Berbasis Ekuitas

Penggalangan dana yang kemungkinan investor juga menjadi pemilik atau bagian dari perusahaan yang memperdagangkan modal (saham ekuitas). Sebagai pemilik saham ekuitas biasanya investor berhak menerima pengembalian finansial atas investasi yang dilibatkan sebagi keuntungan dalam bentuk deviden atau distribusi.

  1. Debt Crowdfunding

Situs crowdfunding yang berbasis utang dengan tujuan meminta ketumunan (crowd) sebagai donasi bisnis dengan bunga utang atau keubtungan finansial. Jenis ini yang bisa digunakan sebagai wirausaha, pemilik bisnis. Bahkan contoh website yang digunakan pun berupa :

  • Kickstarter, sebuah situs yang meningkatkan pendanaan proyek-proyek kreatif berbasis sumbangan
  • Indiegogo, penggalangan dana yang berbasis sumbangan bagi pemusik, fans, kebutuhan keuangan secara pribadi. Yang mana pertumbuhan internasionalnya dilakukan secara fleksibilitas.

Dengan adanya situs pendanaan dalam debt crowdfunding ini. Para investor bisa memilih mana yang benar-benar bisa diterapkan dengan baik dan benar. Sebab investor juga tidak bisa mengambil keputusan yang salah.

  1. Jenis Crowdfunding Berbasis Hadiah

Crowdfunding tipe ini hampir mirip dengan basis donasi hanya saja pihak investor atau kontributor tidak memperoleh pengembalian dana. Namun crowdfunding tipe ini investor akan mendapatkan imbalan berupa hadiah. Yang mana sisitem ini akan memberikan kesan berbeda pada kontributornya.

  1. Lending Based Crowdfunding

Penyandang dana yang mengharapkan penggalangan dana yang di keluarkan oleh investor akan dikembalikan dengan full. Yang mana donasi dari si penerima kompensasi ini akan mendapatkan bunga secara berkala ketika proyek yang dibawanya bisa berhasil dengan sukses. Pada jenis ini biasanya para investor tidak akan rugi melainkan mereka akan mengalami keuntungan.

READ :  Mengenal Sistem Permodalan Equity Crowdfunding

Itulah penjelasan mengenai jenis jenis Crowdfunding sebagai informasi mengenai apa itu crowdfunding yang berjalan di era saat ini. Terlebih lagi Crowdfunding berbasis hadiah bisa dikembangkan di Indonesia agar Indonesia bisa semakin berkembang dengan baik.

Sekian penjelasan mengenai manfaat dan jenis crowdfunding beserta pengertian sederhananya. Semoga bisa menambah pengetahuan. Dan dari penjelasan mengenai crowdfunding ini beberapa dari jenisnya bisa diterapkan di Indonesia

Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding | phreeque | 4.5