Mari Mengenal Crowfunding, Keuntungan, Dan Sistem Kerja Secara Lebih Dekat

Dalam membuka sebuah bisnis atau usaha diperlukan ide ide kreatif dan inovatif. Namun tidak hanya itu saja dalam membuka sebuah usaha yang paling penting adalah sebuah modal. Modal adalah seperti layaknya akar yang akan menopang sebuah usaha tersebut. Ada berbagai macam cara mendapatkan modal usaha salah satunya adalah crowdfunding. Untuk itu mari mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerja secara lebih dekat.

Mari Mengenal Crowfunding, Keuntungan, Dan Sistem Kerja Secara Lebih Dekat

Apa Itu Crowdfunding

Bagi sebagian orang tentu masih asing dengan istilah crowdfunding. Untuk itu sebelumnya mari mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerjanya. Crowdfunding merupakan sebuah alternatif dalam metode pendanaan bisnis yang sedang populer di dunia. Pada sistem ini pendanaan yang dilakukan secara beramai ramai atau patungan antara seratus orang atau lebih mewujudkan suatu proyek komersial atau penggalangan dana untuk kepentingan sosial.

Dengan memiliki ciri ciri seperti pengumpulkan dana tersebut dengan jumlah yang telah ditentukan. Biasanya dilakukan dalam jangka waktu tertentu dan hanya dilakukan melalui media online saja. Untuk meyakinkan orang maka creator harus memberikan gambaran mendetail dari projek yang akan didirikan baik dari manfaat, tujuan, maupun pembagian alokasi dari dana yang terkumpul.

Keuntungan Crowdfunding

Dalam menjalankan crowdfunding tentunya harus mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerjanya juga. Dalam menjalankan crowdfunding ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan diantara keuntungan keuntungan tersebut adalah.

  1. Suku Bunga Kompetitif

Pada bank atau lembaga keuangan lainnya yang memberikan jasa pinjaman uang dengan bunga yang besar. Berbeda dengan itu pada crowdfunding memberi bunga yang sangat kompetitif bagi para pelaku bisnis. Karena pada crowdfunding hanya menetapkan bunga 6,48%- 17% dalam setahun. Dan dalam pembayaran bunga pertahunnya akan sama sehingga termasuk kedalam bunga flat. Hal ini tentunya sangat flat dan tidak memberatkan pemilik usaha.

  1. Tanpa Uang Muka Atau Jaminan
READ :  Cara Memulai Crowdfunding Dengan Sukses

Dalam crowdfunding pelaku bisnis tidakperlu memberikan jaminan berupa harta benda maupun uang dalam mendapatkan modal usaha. Selama pelau bisnis tersebut dapat membayarkan pinjaman yang telah diberikan maka pendanaanpun akan tetap berjalan lancar sesuai dengan kesepakatan awal. Ini merupakan caratebaru dan alternatif yang efektif dalam mendapatkan modal usaha.

  1. Pengajuan Dilakukan Secara Online

Dalam mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerja ini adalah salah satu keuntungan dari crowdfunding adalah pengajuan dilakukan secara online. Sehingga pelaku bisnis tak perlu mencari orang yang akan menanamkan modalnya di bisnis yang akan dibangun tersebut. Jika proposal usaha tersebut sudah dilampirkan di crowdfunding maka bisnis tersebut akan langsung didanai. Adanya sistem online tentunya sangat menghemat tenaga, waktu, dan biaya bagi para pelaku bisnis dalam mencari sumber pendanaan.

  1. Proses Mudah, Singkat, Dan Aman

Tak perlu khawatir karena proses pendaftaran pada situs crowdfunding sangat mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu juga dijamin keamanan mengenai informasi pemilik modal dijain keamananya oleh ojk atau otoritas jasa keuangan.

  1. Promosi Gratis Dan Kritikan Yang Membangun

Ada beberapa situs crowdfunding di indonesia sudah cukup terkenal dan bahkan telah memiliki pengunjung bulanan. Ketika submit proyek kedalam situs maka akan mendapatkan promosi secara gratis karena pengunjung akan mempromosikan ke media sosial. Selain itu juga akan mendapatkan kritik yang membangun setelah pemilik bisnis memaparkan bisnis yang akan dibangun.

Sistem kerja crowdfunding

Untuk mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerja secara lebih dekat dalam bisnis crowdfunding yang menjadi pilar adalah situs web dan modal. Berikut adalah sistem kerja crowdfunding.

  1. Daftar Ke Situs Crowdfunding

Syarat pertama adalah sudah terdaftar kedalam situs crowdfunding tersebut. Carilah situs yang terpercaya, sudah terkenal dan biasa pemilik modal berkumpul disana. hal ini dapat mempermudah dalam bisnis tersebut mendapatkan pendanaan modal usaha.

  1. Proposal Yang Menarik
READ :  Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik

Buatlah proposal yang menarik yang sekiranya dapat menarik pemilik modal untuk bergabung. Lengkapi dengan informasi detail mengenai bisnis yang dibangun baik tujuan, jenis, proses pemasaran dan sebagainya. Pemilik modal yang tertarik akan langsung berinvestasi pada bisnis tersebut.

  1. Memantau Proposal

Jika proposal sudah diunggah jangan lupa untuk mengikuti perkembangan dari proposal tersebut. Akan ada salah satu pemilik modal yang akan bertanya tentang prospek bisnis yang tercantum. Pemilik bisnis harus menjawabnya secara singkat, jelas, dan padat serta jangan melebih lebihkan bisnis yang akan dijalankan.

Untuk itu marilah mengenal crowdfunding, keuntungan, dan sistem kerja secara lebih dekat. Ini merupakan pembiayaan secara efektif untuk mendapatkan modal secara cepat dan mudah. Semoga artikel diatas bermanfaat bagi yang sedang ingin mendapatkan tambahan modal bisnis.

Mari Mengenal Crowfunding, Keuntungan, Dan Sistem Kerja Secara Lebih Dekat | phreeque | 4.5