Ina Rachman Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi Bantu Orang yang Membutuhkan – Qnet

Ina Rachman – Dengan adanya arus globalisasi dan modernisasi, ada banyak perubahan yang mendasar pada tatanan kehidupan bermasyarakat. Budaya tolong menolong, kini lebih terkikis oleh sifat individualistic dan egoistis. Hanya sedikit orang yang benar-benar memiliki jiwa sosial yang tinggi dan peduli pada sesama.

ina herawati rachman

Berbeda dengan seorang Ina rachman. Perempuan yang dalam karirnya telah mencapai kesuksesan ini tidak pernah lupa pada sesama. Caranya, ia membentuk sebuah komunitas Pedas NKRI atau perempuan cerdas NKRI. Yang mana Ina berperan menjadi ketuanya. Komunitas ini mendedikasikan diri untuk berbagai bantuan sosial.

ina rachman tersangka qnet

Bersama dengan puluhan perempuan lain, Ina kerap membantu korban bencana. Beberapa kali ia kedapatan memberikan bantuan berupa makanan dan alat kebersihan pada korban banjir di Jakarta. Selain itu, ia dan komunitasnya juga memberikan bantuan pada pasien rumah sakit dari kalangan tidak mampu.

Tak sampai di situ saja, Ina pun bahkan rela tidak mendapatkan fee dari menangani kasus perceraian. Baginya, perceraian adalah musibah, sehingga ia tidak mematok tarif saat menjadi kuasa hukum perceraian. Ia memang cukup concern pada kasus perempuan dan isu-isu tentangnya.

ina rachman qnet

Bahkan, Ina seringkali dijuluki sebagai advokat spesialis perempuan tertindas. Hal ini bukan tanpa alasan. Pengalaman masa lalunya, membuat Ina semakin peduli pada perempuan yang mengalami ketidak adilan.

Padahal, untuk pengacara sekaliber dirinya, tarif untuk menangani kasus perceraian bisa mencapai ratusan juta rupiah. Ia memang bukan perempuan biasa, melainkan memiliki jiwa sosial yang tinggi, sehingga kekayaan seakan bukan prioritas utama dalam hidupnya. Ia cenderung senang membantu dan mengabdi pada sesama.

ina rachman qnet

Bagaimana Menumbuhkan Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi Seperti Ina Rachman?

Menjadi perempuan yang memiliki jiwa sosial yang tinggi tidak didapatkan begitu saja. Melainkan harus ditumbuhkan, sehingga menjadi sebuah kebiasaan dan gaya hidup. Lantas, bagaimana caranya? Berikut ulasannya:

READ :  Ina Rachman Menolong Perempuan Lemah | Pengertian Tersangka KUHP | Qnet

ina herawati rachman tersangka Qnet

  1. Menumbuhkan Sikap Positif

Hal pertama yang mesti Anda lakukan untuk menumbuhkan jiwa sosial yang tinggi seperti Ina Rachman adalah dengan bersikap positif. Dengan berbaik sangka pada orang lain, maka Anda akan semakin mudah memiliki kasih sayang dan kepedulian. Pun, dapat mengurangi sifat egois yang ada pada diri Anda.

ina rachman qnet

Sehingga, seseorang bisa lebih peka pada penderitaan yang dirasakan oleh orang lain. Sehingga, Anda pun lebih mengerti dengan keadaan orang lain.

  1. Bersikap Empati

Empati merupakan kunci menaikkan integritas serta kedalaman hubungan dengan orang yang lain. Semakin Anda mendekat dan mengerti serta menyadari keberadaan orang lain, maka Anda juga bisa lebih mengerti pentingnya diri sendiri. Anda pun akan merasa lebih beruntung karena tidak mengalami penderitaan sedemikian rupa.

ina rachman qnet

  1. Mendengar Orang Lain

Anda juga perlu mendengarkan orang lain agar empati bisa terbangun. Dengan begitu, maka Anda akan mudah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Pada dasarnya, tidak terdapat orang yang ingin disepelekan atau dinomor duakan.

Perilaku tidak menghargai orang yang sedang berbicara dapat mengurangi rasa empati Anda. Sehingga, orang lain tidak merasa Anda memahaminya sepenuh hati.

  1. Membuka Diri

Anda harus mulai membuka diri terhadap sesuatu yang diluar keinginan. Empati dan jiwa sosial tinggi adalah sesuatu yang bisa didapatkan oleh orang yang tidak terkungkung pada pikirannya sendiri.

  1. Fokus dan Perhatian pada Kondisi yang Ada di Sekitar

Banyak orang yang kerap berada pada situasi tak menyadari betul terhadap apa yang terjadi. Baik situasi di lingkungan yang tidak mendukung atau karena Anda tidak fokus. Untuk membangun empati, Anda harus lebih fokus pada kondisi yang ada di sekitar.

Sehingga, Anda akan menyadari perubahan yang terjadi. Serta lebih peka pada tindakan yang mesti diambil terhadap hal tersebut.

  1. Jangan Menilai dan Beri Bantuan
READ :  Ina Rachman Perempuan Islami yang Rela Membela Perempuan Tertindas & Advokat Sukses - Qnet

Bukan hak Anda untuk memberikan penilaian terhadap seseorang yang tidak memintanya pada Anda. Pun, Anda belum tentu mengetahui keseluruhan yang terjadi dalam hidup seseorang. Artinya, jangan hanya memberikan satu sudut pandang saja. Dengan begitu, Anda akan sulit membangun jiwa sosial yang tinggi.

Hal terakhir adalah memberi bantuan. Seperti yang Ina Rachman lakukan, ia selalu memberikan bantuan pada orang yang membutuhkan. Ia pun memberikan bantuan sesuai dengan kadar kemampuan dan bidangnya. Semoga semakin banyak orang yang sadar dan memiliki jiwa sosial tinggi seperti Ina Rachman.

Ina Rachman Memiliki Jiwa Sosial yang Tinggi Bantu Orang yang Membutuhkan – Qnet | phreeque | 4.5