Helikopter Jatuh di Desa Jayaratu

Pada hari Sabtu, 16 Maret 2019, sebuah helikopter milik PT. Air Transport Service jatuh di sekitar area Desa Jayaratu, Sariwangi, Tasikmalaya. Helikopter dengan kode BO-105 PK EAH jatuh di Jayaratu saat menempuh penerbangan dengan rute Kawalu-Wanaraja.  Disebut-sebut bahwa salah seorang anggota DPR bernama Nurahayati Monoarfa menaiki helikopter naas tersebut, namun anggota DPR tersebut sudah mengklarifikasi bahwa dirinya sudah terlebih dahulu turun dari helikopter yang jatuh tersebut, dirinya mengaku bahwa sembelumnya dia sempat menyewa helikopter naas tersebut untuk melakukan kunjungan ke daerah-daerah di Tasikmalaya, hal itu disampaikan Nurhayati di RS Singaparna Medika Citrautama usai menjenguk keempat korban kecelakaan helikopter tersebut.

Helikopter Jatuh di Desa Jayaratu

Diketahui Nurhayati menaiki helikopter milik PT. Air Trasnport Service tersebut saat melakukan perjalanan dari Tarogong Kaler menuju Tasikmalaya, dimana diakuinya bahwa saat melakukan pendaratan di Tasik, helikopter dalam kondisi baik-baik saja, tidak ada kendala selama perjalanan dan mendarat di Tasikmalaya. Setelah itu, Helikopter tersebut kembali ke Jakarta untuk mengangkut penumpang kembali dan mengalami kecelakaan setelahnya.

Diketahui bahwa pilot helikopter tersebut hendak melakukan pendaratan darurat, namun karena medan pendaratan yang membuat pendaratan darurat tersebut kurang mulus sehingga terjadi kecelakaan. Setelah menerima laporan kecelakaan tersebut, sejumlah tim dari TNI dan Polri disiagakan di lokasi kecelakaan, lokasi kecelakaan tersebut tepatnya berada di perbukitan Situhiang.

Sebagaimana disampaikan oleh Komandan Distrik Militer 0612 Tasikmalaya, LetKol Infantri Nur Ahmad, bahwa para personel sengaja untuk disiagakan di lokasi kejadian karena proses evakuasi badan pesawat tersebut tidak bisa segera dilakukan, hal ini karena lokasi kejadian yang jauh dari desa sehingga menyulitkan peralatan dan logistik untuk sampai ke lokasi jatuhnya helikopter tersebut.

READ :  Sekolah Dasar Di Desa Plangwot Kebanjiran

Selain itu juga, pihak dari Komisi Nasional Keselamatan Kerja atau KNKT masih membutuhkan waktu untuk melakukan analisis helikopter yang jatuh tersebut. Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan maka sejumlah tim dari TNI dan Polri disiagakan di lokasi kejadian, sambil menunggu tim dari Komisi Nasional Keselamatan Kerja yang akan turun ke lokasi keesokan harinya.

Diinformasikan bahwa keempat korban helikopter tersebut sudah terlebih dahulu diselamatkan dan dievakuasi ke dua rumah sakit yang berada di Tasikmalaya, yaitu dua korban dirawat di Rumah Sakit Singaparna Medika Citrautama, dan dua lainnya dirawat di Rumah Sakit TMC, keempat korban berhasil diselamatkan dengan kondisi selamat namun mengalami sejumlah luka.

Adapun identitas keempat korban tersebut adalah, satu korban bernama Fuad Humran yang merupakan pilot helikopter tersebut yang mengalami sejumlah luka ringan, Fuad Humran sendiri tercatat sebagai anggota polisi, sedangkan korban lainnya mengalami luka berat, yaitu satu korban bernama Agung Raharja yang merupakan ko pilot dari helikopter naas tersebut,

Agung Raharja sendiri tercatat sebagai  pegawai swasta, lalu satu korban bernama Tuti Budiawati yang merupakan penumpang dari helikopter tersebut, Tuti Budiawati sendiri tercatat sebagai seorang pegawai swasta yang berasal dari Jakarta, lalu korban terakhir yang mengalami luka berat bernama Johny Fajar Sofyan yang tercatat sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berasal dari Bandung.

Hingga kini, penyebab jatuhnya Helikopter dengan kode BO-105 PK EAH tersebut masih diselidiki dan penyebab pilot melakuakan pendaratan darurat masih belum diketahui. Tim dari Basarnas Bandung sendiri sudah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk membantu tim lainnya untuk menyelidiki dan mengevakuasi pesawat yang jatuh tersebut.

READ :  Peran Serta Desa Dalam Industri 4.0

Sumber:

https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4470358/helikopter-jatuh-di-tasikmalaya-pilot-berniat-mendarat-darurat

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/poh3f2409/lokasi-helikopter-jatuh-di-tasikmalaya-dijaga-tni-dan-polri

https://news.detik.com/berita/d-4470561/sebelum-jatuh-di-tasik-heli-dinaiki-nurhayati-istri-suharso-monoarfa

Helikopter Jatuh di Desa Jayaratu | phreeque | 4.5