Generasi Milenial, Wajib Tahu Tips Investasi Aman di Crowdfunding

Maraknya bisnis online di era milenial telah memunculkan juga ide pencarian dana secara online atau disebut crowdfunding. Skema crowdfunding mudah dan cocok bagi generasi milenial karena sistemnya yang online. Namun beberapa saat yang lalu terdengar kasus penyalahgunaan investasi online ini. Oleh karena itu, perlu dipahami tips investasi aman di crowdfunding agar terhindar dari berbagai penipuan.

Generasi Milenial, Wajib Tahu Tips Investasi Aman di Crowdfunding

Seperti yang kita ketahui bersama bisnis online lebih rentan penyalahgunaannya daripada bisnis biasa. Sehingga perlu cara yang lebih khusus untuk berinvestasi dan dana yang disetor tidak hilang begitu saja. Pelajari lebih dalam bidang keuangan khususnya penanaman modal secara online sehingga akan mudah memutuskan untuk berinvestasi dimana.

Pelajari Perantara/Platform

Hal pertama yang dilakukan ialah pelajari platform atau perantara pihak yang membutuhkan dana dan calon investor. Sistem penerapannya seperti apa, sudah berjalan berapa lama menjadi plaform dan lain sebagainya. Jika sudah banyak masyarakat yang menggunakan jasa platform ini maka tingkat penipuannya akan semakin kecil karena sudah banyak penggunanya.

Pelajari Kreator/Pihak Yang Membutuhkan Dana

Carilah kreator yang dapat dipercaya. Telusuri lebih dalam sosial media dari kreator. Tentu anda tidak ingin menanamkan modal kepada orang yang dalam media sosialnya tidak jelas bisnisnya apa dan hanya mem-posting hal yang seharusnya tidak diposting. Pertimbangkan pula, keberlangsungan hidup bisnis dari kreator ini panjang atau tidak sehingga ketika dana yang ditanamkan dapat kembali sewaktu-waktu.

Selain itu, anda dapat pula memilih jenis produk yang dihasilkan kreator. Mulailah dengan produk yang anda minati dengan begitu akan lebih mudah dalam memahami lebih lanjut. Misalnya, produk yang disukai ialah jenis produk kecantikan. Selanjutnya, lebih mudah mendalami produk yang dihasilkan oleh kreator, apakah original, tidak melanggar hak cipta, memiliki kualitas bagus dan sebagainya.

READ :  Lembaga Ekonomi Desa, Solusi Masalah Perekonomian Yang Ada Di Desa

Pilih Jenis Investasi Yang Sesuai Kebutuhan

Banyak ragamnya dari investasi yang disediakan. Ada yang pengembaliannya berupa uang, produk bahkan berjenis donasi. Model invetasi donasi ini anda menyetorkan dana untuk donasi atau hadiah dan tidak ada pengembalian. Biasanya jenis investasi ini untuk bisnis non-profit atau waralaba seperti yayasan, sekolah, panti asuhan dan lain sebaganya. Ada pula jenis crowdfunding pinjaman. Hal ini sama seperti pinjaman pada umumnya, pada periode tertentu dana yang ditanam akan kembali beserta bunganya. Selain dua jenisĀ  tadi masih banyak lagi jenis crowdfunding. Pilihlah sesuai tujuan awal berinvestasi untuk mendapatkan produk, dana cepat atau hal lainnya.

Variasikan Investasi

Jika memiliki dana misalnya Rp 15.000.000 maka usahakan tidak menanamkan seluruh modal tersebut pada satu jenis usaha maupun satu jenis platform. Hal ini untuk mengurangi resiko. Jika bisnis yang anda bantu sebesar Rp 15.000.000 tadi bangkrut maka dana yang anda tanamkan tidak kembali. Oleh karena itu, bagi dan tanamkan dana tersebut ke berbagai jenis, kreator maupun platform investasi. Jika satu kreator bangkrut anda masih memiliki dana di kreator yang lain. Begitu pula tanamkan pada platform yang berbeda, jika satu platform tersandung kasus penipuan misalnya, anda masih memiliki dana di platform yang lainnya.

Saran dari Orang Lain

Tips investasi aman di crowdfunding selanjutnya ialah konsultasikan pada orang yang lebih memahami tentang hal ini. Dengan begitu, akan didapatkan cara jitu agar dana yang ditanam lebih aman. Jika tidak memiliki orang yang ahli dibidang ini, cobalah lihat di komentar masyarakat yang menggunakan crowdfunding utamanya pada platform A misalnya. Lebih khusus lagi baca komentar yang telah berinvestasi di kreator tertentu untuk mendapatkan informasi lebih detail. Hal ini seperti testimoni untuk meyakinkan anda dalam mengambil keputusan.

READ :  POJK Equity Crowdfunding, Harapan Baru Perusahaan Kecil

Pelajari Resiko Investasi

Setiap bisnis memiliki resiko yang berbeda-beda. Biasanya kreator mencantumkan tingkat pengembalian yang akan diterima kembali oleh pemberi dana. Semakin tinggi tingkat pengembalian maka semakin tinggi pula resiko bisnis tersebut. Oleh karena itu pelajari proposal yang diajukan kreator dan lihat bagaimana bisnis lain yang berjenis sama dalam memberikan pengembalian. Anda dapat membandingnya dengan cara seperti itu.

Cobalah terapkan tips investasi aman di crowdfunding di atas. Zaman yang serba digital ini memang menuntut agar pengguna juga lebih maju dalam beraktivitas. Salah satunya dalam berinvestasi. Langkah untuk berinvestasi di crowdfunding ini akan membantu usaha orang lain yang masih dalam tahap start up dan membutuhkan dana. Begitu pula anda dapat memperoleh dana atau pengembalian sekaligus membantu usaha orang lain. Selamat berinvestasi.

Generasi Milenial, Wajib Tahu Tips Investasi Aman di Crowdfunding | phreeque | 4.5