Empat Crowdfunding Platform Yang Bisa Mencarikan Modal Untukmu

Crowdfunding kini menjadi salah satu cara andalan bagi perusahaan baru atau proyek kreatif perorangan untuk mendapatkan dana. Digagas sejak tahun 2000 an memberikan harapan untuk pengembangan bisnis produk maupun industri kreatif. Crowdfunding platform juga kian menjamur baik di dalam maupun luar negeri. Artikel ini akan menjelaskan tentang beberapa website yang memberikan layanan crowdfunding.

Empat Crowdfunding Platform Yang Bisa Mencarikan Modal Untukmu

  1. Kickstarter – Crowdfunding Platform

Website ini menjadi penyedia layanan crowdfunding dengan sistem donasi. Kickstarter menerapkan peraturan bahwa setiap pencari dana yang boleh masuk adalah mereka yang sedang mengembangkan proyek kreatif seperti film, musik, game, atau teknologi.

Startup bidang tersebut biasanya memang terkendala masalah dana. Pinjaman ke pihak Bank mungkin akan terlalu berat, mengingat adanya syarat jaminan pinjaman atau penghasilan minimum perbulan. Padahal perusahaan start up atau grup musik yang akan memulai debut albumnya seringkali tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Disini, pencari dana harus menyebutkan nominal yang dibutuhkan. Jika donasi sudah masuk sesuai angka yang dibutuhkan, uang dapat diambil 95%. 5 persen sisanya dibayarkan pada pihak kickstarter.com sebagai biaya balas jasa. Namun sayangnya, jika dana tak kunjung terkumpul sesuai angka yang dibutuhkan, maka pencari dana tidak bisa mengambil uang sama sekali.

  1. Kolase – Crowdfunding Platform

Situs kolase.com adalah crowdfunding dari Indonesia yang mengkhususkan tujuan pengumpulan dana pada bidang musik, buku, dan amal. Terdapat beberapa campaign yang dapat dilakukan, misalnya pembuatan album, konser, acara live, video musik, hingga tur.

Pendanaan dalam crowdfunding platform yang satu ini, menggunakan sistem reward. Setiap campaign yang mencapai target, akan memberikan hadiah kepada booster atau orang yang mengirimkan dana. Hadiah yang dimaksud dapat berupa merchandise, atau produk yang sedang dibuat misalnya CD album musik.

READ :  Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik

Dana yang bisa diambil, adalah campaign yang telah mencapai minimal 70% dari target. Pihak kolase akan mengambil 15% dana yang didapatkan sebagai komisi crowdfunding platform.

  1. Kitabisa – Crowdfunding Platform

Situs ini merupakan salah satu crowdfunding platform yang fokus pada bidang amal. Kegiatan yang didanai oleh anggotanya berkisar antara penanganan bencana, menyelamatkan orang yang sakit namun tak punya biaya, dan lain sebagainya. Website ini seringkali dijadikan pilihan oleh orang yang memiliki banyak pengikut di sosial media untuk menggalang dana dengan cepat dan transparan.

Peraturan dalam pengajuan campaign di website ini terbilang mudah. Cukup dengan mendaftar sebagai anggota, dan lengkapi data diri, maka campaign bisa segera dilakukan. Dana yang terkumpul bisa diambil meski tidak mencapai target. Batas waktu bisa ditentukan sesuai kebutuhan pencari dana.

Misalnya jika ada seorang anak yang butuh biaya operasi untuk 2 bulan ke depan, maka pencari dana dapat mengatur waktu donasi selama 1 bulan lebih agar cukup waktu dalam pencairan dana dan pengiriman donasi.

Pencairan dana memakan waktu 3 hari, karena situs tersebut perlu melakukan beberapa pengecekan keamanan. Situs ini mengambil biaya administrasi sebesar 5% dari setiap donasi yang masuk. Namun untuk bantuan bencana, zakat, serta bantuan melalui NGO kitabisa tidak akan mengambil dana donasi sama sekali.

  1. Crowdcube

Crowdfunding platform ini menggunakan mata uang poundsterling, dengan sistem equity. Sistem ini memungkinkan investor mendapatkan keuntungan equity yang akan terus meningkat seiring banyaknya dana yang diinvestasikan ke sebuah bisnis.

Misalnya bisnis mobil elektrik yang menerapkan batas maksimal pendanaan 100.000 poundsterling. Jika orang yang menginvestasikan dana lebih dari 100.000 pounds, maka keuntungan yang didapatkan oleh investor akan terus meningkat. Maka dari itu diperlukan batas waktu campaign agar equity yang ditanggung tidak melambung terlalu tinggi.

READ :  8 Platform Pendanaan Crowdinvesting Indonesia

Website tersebut memberikan kesempatan pada semua orang untuk mendaftar sebagai campaigner maupun investor dengan cara yang mudah. Investor bahkan dapat mulai mendukung campaign dengan nilai investasi minimal sebesar 10 poundsterling.

Crowdfunding pada dasarnya bertujuan untuk membantu perekonomian kreatif agar berkembang cepat. Namun seiring berjalannya waktu, crowdfunding platform menyediakan beragam program dan sistem yang juga bisa memberikan manfaat bagi investor. Keuntungan itu dapat berupa hadiah, maupun uang sebagai hasil bisnis yang didanai.

Peraturan crowdfunding di Indonesia diterbitkan oleh otoritas jasa keuangan (OJK). Sehingga pihak yang membutuhkan dana, penyelenggara crowdfunding, dan pemberi dana dilindungi hukum dan bisa menindak segala bentuk kecurangan yang terjadi dalam proses crowdfunding.

Empat Crowdfunding Platform Yang Bisa Mencarikan Modal Untukmu | phreeque | 4.5