Ekonomi Pedesaan Pdf, Informasi Tentang Perekonomian Di Desa

Ada banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di desa. Tentu saja ini membuat penting sekali untuk memperhatikan kondisi ekonomi pedesaan. Pada dasarnya ada perbedaan yang sangat besar antara perekonomian yang ada di pedesaan dengan yang ada di perkotaan. Ekonomi yang ada di pedesaan pada umumnya hanya dijalankan melalui beberapa bidang tertentu. Semua informasi penting ini bisa didapatkan melalui materi ekonomi pedesaan pdf.

Ekonomi Pedesaan Pdf, Informasi Tentang Perekonomian Di Desa

Bidang Yang Menopang  Ekonomi Pedesaan

Ada 5 bidang utama yang menopang kehidupan ekonomi pedesaan. Apa saja kelima bidang tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya:

  1. Bidang Pertanian

Ekonomi pedesaan masih bergantung pada bidang pertanian. Hal ini bisa dilihat dari fakta yang menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat pedesaan adalah petani. Melalui materi ekonomi pedesaan pdf bisa diketahui jika mayarakat desa sangat bergantung pada hasil tani. Hasil tani ini sendiri bisa berupa padi, sayuran, jagung dan buah-buahan.

  1. Bidang Peternakan

Tidak hanya bidang pertanian, bidang peternakan juga menopang roda perekonomian masyarakat pedesaan. Ada banyak masyarakat desa yang memiliki ternak. Ternak-ternak ini kebanyakan dikembangkan secara tradisional. Beberapa hasil ternak masyarakat pedesaan yang menggerakkan roda ekonomi adalah kambing, sapi, ayam, bebek dan ikan tambak.

  1. Bidang Pariwisata

Banyaknya tempat wisata yang berada di wilayah pedesaan nyatanya juga membawa rezeki bagi masyarakat pedesaan. Masyarakat yang berada di lingkungan tempat wisata biasanya memiliki penghasilan ekonomi yang cukup baik. Hal ini dikarenakan ada banyak lapangan pekerjaan bagi mereka yang berkaitan dengan wisata.

  1. Bidang Usaha Industri

Bidang usaha industri juga menjadi andalan bagi perekonomian pedesaan. Ada banyak masyarakat desa yang membuat usaha industri sendiri. Namun pada dasarnya bidang industri ini memang masih dalam skala kecil. Bahkan tidak jarang usaha ini masih berupa usaha rumahan. Walaupun skalanya kecil, namun usaha industri ini mampu membantu perekonomian masyarakat pedesaan.

  1. Bidang Perikanan
READ :  5 Peluang Usaha Berbasis Keterampilan yang Bisa Dicoba di Desa

Bagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai, bidang perikanan adalah bidang utama untuk menggerakkan roda perekonomian.  Dalam hal ini, masyarakat menggantungkan kondisi ekonominya pada keadaan laut. Tentu saja ini dikarenakan mayoritas dari mereka beprofesi sebagai nelayan. Nelayan-nelayan ini mencari ikan dengan menggunakan perahu tradisional maupun perahu mesin yang sudah lebih modern.

Itulah bidang-bidang yang menopang perekonomian pedesaan. Dalam memajukan perekonomian yang ada di pedesaan ada berbagai permasalahan yang dihadapi. Permasalahan ini mampu menghambat pertumbuhan perekonomian yang ada di desa. Apa saja permasalahan tersebut?

Permasalahan Dalam Meningkatkan Ekonomi Pedesaan

Ada banyak permasalahan yang dihadapi pada saat ingin memajukan perekonomian yang ada di desa. Tentu saja masalah ini menjadi hambatan tersendiri. Berikut ini permasalahan-permasalahan tersebut:

  1. Masalah Infrastruktur

Salah satu penyebab lambatnya pertumbuhan ekonomi di desa dikarenakan infrastrukturnya yang masih jelek. Infrastruktur ini seperti jalan dan sarana prasarana penunjang ekonomi lainnya. Perbaikan infrastruktur ini harus dilakukan demi meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan.

  1. Kurangnya Pengetahuan Masyarakat Desa

Pengetahuan masyarakat desa yang minim juga menjadi kendala dalam perekonomian desa. Hal ini bisa terjadi karena belum adanya pemerataan pendidikan yang bagus. Padahal untuk memajukan ekonomi suatu desa, masyarakat desanya harus mengerti terlebih dahulu tentang pengetahuan dasar perekonomian.

  1. Tidak Efektifnya Lembaga Ekonomi Yang Ada

Di desa ada banyak lembaga ekonomi yang membantu masyarakat. Namun akan menjadi masalah tersendiri jika ternyata lembaga ekonomi yang ada tidak berjalan dengan efektif. Lewat lembaga ekonomi inilah masyarakat pedesaan bisa berdaya. Tentu saja jika ada masalah pada lembaga tersebut maka perekonomian di desa akan bermasalah.

  1. Kebijakan Yang Kurang Memihak Masyarakat Pedesaan

Pemerintah selalu berusaha untuk membuat kebijakan yang menguntungkan bagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Namun tetap saja akan ada beberapa kebijakan yang kurang memihak pada masyarakat di pedesaan. Contoh dari kebijakan tersebut adalah impor bahan-bahan pangan. Hal ini tidak jarang membuat hasil panen petani di pedesaan harus kalah saing dengan produk impor.

  1. Kondisi Alam
READ :  Buka Usaha Warteg, Berapa Modalnya? Baca Artikel Ini

Kondisi alam juga terkadang bisa menjadi masalah bagi perekonomian di desa. Hal ini bisa terjadi apabila ada bencana alam yang menimpa desa. Ketika adanya bencana alam, maka bisa dipastikan kondisi perekonomian akan terpuruk.

Penting sekali bagi semua masyarakat untuk  mengetahui tentang materi ekonomi pedesaan pdf ini.  Materi ekonomi pedesaan pdf akan memberikan banyak informasi mengenai kondisi perekonomian di desa yang sebenarnya. Kemajuan perekonomian di desa adalah tanggung jawab semua masyarakat.

Ekonomi Pedesaan Pdf, Informasi Tentang Perekonomian Di Desa | phreeque | 4.5