Cara Memulai Crowdfunding Dengan Sukses

Crowdfunding adalah kegiatan menggalang dana dari sebuah komunitas online yang mana fokus pada memberi pinjaman modal. Tujuan dari peminjaman modal ini adalah untuk mengembangkan produk, misalnya startup. Bagi yang ingin sukses dengan menjalankan crowdfunding, berikut adalah cara memulai crowdfunding dengan sukses.

Cara Memulai Crowdfunding Dengan Sukses

  1. Memilih Platform Untuk Crowdfunding

Indonesia memiliki banyak pemodal atau investor yang siap untuk mendanai startup yang dibangun. Dari banyaknya pemodal ini membuat platform untuk crowdfunding di Indonesia bermunculan. Di luar negeri sendiri sudah banyak platform sejenis ini dengan tujuan yang berbeda-beda. Bahkan ada sebuah platform yang mampu mendukung pelaku industri kreatif.

Untuk itu, memilih platform untuk crowdfunding menjadi cara memulai crowdfunding dengan sukses. Hal tersebut agar para pemodal bisa menanamkan modal pada startup yang dibangun. Menggunakan situs crowdfunding dari luar negeri juga bisa digunakan untuk mencari investor dari luar negeri.

  1. Membuat Produk Yang Dapat Menarik Pemodal

Agar crowdfunding yang dijalankan bisa menarik pemodal, membuat produk yang bisa menarik pemodal juga bisa dilakukan. Sebisa mungkin produk yang digunakan ini bisa menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan. Berangkat dari permasalahan, produk yang dihasilkan tentunya akan diminati oleh konsumen.

Dalam membangun sebuah crowdfunding, tentunya dibutuhkan cerita yang menarik. Maksud dari cerita yang menarik di sini adalah cerita mengenai startup yang dijalankan agar berdampak pada masyarakat. Jangan hanya berfokus pada fitur yang dimiliki, tetapi juga fokus pada bagaimana menarik orang untuk menanamkan modal.

  1. Mempertimbangkan Saran Dari Pemodal

Ketika sedang menarik perhatian para pemodal, para pemodal akan memberikan saran-saran yang membangun untuk startup. Untuk itu, mempertimbangkan saran dari pemodal menjadi cara memulai crowdfunding yang tepat. Karena dengan mempertimbangkan saran, para pemodal merasa dilibatkan dan dihormati dalam kegiatan crowdfunding.

READ :  3 Bisnis Online Tanpa Modal Yang Pasti Menguntungkan

Ketika para pemodal sudah dilibatkan, para pemodal juga tidak akan ragu untuk mendukung startup yang dibangun. Tidak jarang juga para pemodal akan mendukung sampai startup yang dibangun bisa sukses dan lancar. Untuk itu, saran-saran yang membangun dari para pemodal wajib untuk dipertimbangkan.

  1. Jangan Sepenuhnya Mengandalkan Crowdfunding

Alangkah baiknya bila para pelaku startup tidak mengandalkan sepenuhnya uang dari kegiatan crowdfunding. Sebaiknya siapkan dana awal sebelum melakukan crowdfunding yang akan dijalankan. Minimal para pelaku startup sudah memiliki dana cadangan sebagai jaga-jaga jika proyek crowdfunding dirasa gagal.

Dana cadangan ini juga bisa digunakan untuk keperluan yang lain, misalnyua untuk menyewa kantor demi pengembangan startup. Kebutuhan yang mendadak untuk kegiatan pembangunan sebuah startup juga bisa diwujudkan dengan menggunakan dana cadangan ini. Maka dari itu, jangan 100% mengandalkan crowdfunding saja.

  1. Mengapresiasi Para Pemodal

Investor adalah orang yang membutuhkan apresiasi dan perhatian, sehingga para pelaku startup harus mengapresiasi investor. Dalam menjalankan cara ini, para pelaku startup bisa dengan cara yang sederhana. Misalnya saja dengan menjawab komentar maupun pertanyaan mengenai startup yang sedang dijalankan.

Selain menjawab pertanyaan atau komentar, mengirim hadiah kecil kepada investor juga bisa dilakukan. Hadiah kecil tersebut bisa berupa t-shirt, stiker, dan lain-lain. Fungsinya adalah sebagai ucapan terima kasih kepada investor. Dengan ini, kegiatan crowdfunding akan berjalan dengan lancar dan sukses.

  1. Berikan Jumlah Dana Yang Jelas

Para pelaku startup harus memberikan perkiraan alokasi dana dengan jelas dan tepat, termasuk juga berikan biaya-biaya yang tak terduga. Karena dengan memberikan rencana alokasi keuangan, para pelaku startup secara tidak langsung sedang mengikat kepercayaan. Aliran dana yang akan dikeluarkan juga nantinya akan diketahui.

READ :  Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding

Apabila dana yang didapatkan bisa melebihi dari yang dibutuhkan, para pelaku startup harus mengembalikan dana tersebut. Melebarkan tujuan dari startup yang dijalankan juga bisa dilakukan, tetapi para pelaku startup juga harus memperhatikan risiko yang ada. Tawaran-tawaran menarik juga bisa diberikan kepada konsumen.

  1. Menyebarkan Kegiatan Crowdfunding

Agar mendapatkan pemodal yang lebih banyak, para pelaku startup bisa menyebarkan kegiatan crowdfunding dengan membuat video. Cara menyebarkan dengan menggunakan video bisa dilakukan untuk mendapatkan perhatian dari investor. Media berupa video juga memberi potensi yang baik kepada para investor.

Crowdfunding merupakan kegiatan menggalang dana yang dilakukan para pelaku startup agar mendapatkan pinjaman dana. Pinjaman dana ini tentu saja didapatkan dari para pemodal atau backers. Dengan menerapkan beberapa cara memulai crowdfunding di atas, para pelaku startup bisa mendapatkan modal agar startup bisa berjalan dengan sukses.

Cara Memulai Crowdfunding Dengan Sukses | phreeque | 4.5