Bingung Mau Bisnis Kuliner Apalagi? Coba Bisnis Ini!

Bisnis Kuliner – Membuka bisnis merupakan salah satu tren baik di masyarakat kita kini.  Tidak sedikit orang tua, muda, senior maupun junior yang mencoba peruntungan di bidang bisnis. Sebenarnya bukan peruntungan ya, karena dalam berbisnis kita tidak hanya bergantung pada unsur lucky atau untung saja, namun juga perlu paham bagaimana cara mengelola bisnis kita dengan benar.

Bingung Mau Bisnis Kuliner Apalagi? Coba Bisnis Ini!

Tidak sedikit yang baru dibuka namun beberapa bulan kemudian gulung tikar karena tidak tau what to do ketika masalah datang. Nah ini yang seringkali tidak masuk perhitungan. Modal habis-habisan di awal, ketika kehabisan dan defisit, semua jadi rumit. Itu yang perlu kita hindari ya. Sebisa mungkin, gunakan modal, sisihkan sedikit untuk biaya cadangan.

Nah berbicara soal berbisnis, ada satu area bisnis yang terbilang cukup sulit dimasuki, namun banyak sekali peminatnya. Adalah bisnis kuliner, si idaman banyak pebisnis pemula untuk membuka usaha. Tidak butuh waktu lama dan modal besar menjadikan bisnis kuliner seringkali dipilih.

Memang, bisnis kuliner merupakan satu bisnis yang menjanjikan omset menggiurkan apalagi jika dilihat dari modalnya yang kecil namun potensi keuntungan yang besar. Satu hal yang membuat bisnis ini ramai diminati adalah bisnis ini berkecimpung di apa-apa yang dibutuhkan banyak orang.

Mudahnya begini, kita buka bisnis kuliner, berarti kita jual makanan, makanan dibutuhkan banyak orang. Nah, that’s the point. Banyak yang memilih berjuang di bidang bisnis ini karena mengira bahwa produk yang dijualnya dibutuhkan banyak orang, oleh karenanya, tidak sulit untuk survive di bisnis ini.

Namun, sudah tahukah anda bahwa untuk dapat bertahan di persaingan ketat bisnis kuliner kita perlu apa? Selain motivasi, inovasi tentunya ya. Jika kita memutuskan untuk membuka bisnis kuliner, jika memang modal kita terbatas, fokuslah pada rasa dan kuantitas.

READ :  Coworking Space Jogja Paling Nyaman Fasilitas Terlengkap Terbaik

Contoh nyatanya dengan berjualan nasi uduk misal. Atau jika kita memiliki banyak modal dan cukup untukmembuat bisnis kuliner yangmenarik, cobalah untuk berfokus pada rasa dan konsep. Salah satu peluang usaha kuliner yang paling mendekati dan mudah di modifikasi adalah bisnis martabak.

Jangan dulu tertawa karena anda belum tahu omsetnya. Martabak sama halnya seperti kopi, menjadi kebiasaan yang entah sejak kapan dimulainya. Anda tentu sering mendengar celetukan macam “mau ngapel sambil bawa martabak”, bukan? Nah, selain sebagai camilan malam yang biasanya kita kudap, martabak juga seringkali dijadikan hantaran untuk sekadar mengurangi rasa tidak enak, bukan begitu?

Nah anda mungkin belum tahu bahwa si martabak ini memiliki omset yang wow. Sebelum masuk membahas omset, mari kita cari tahu terlebih dahulu berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha prospektif satu ini.

Kebutuhan Estimasi Biaya
Gerobak Martabak Rp. 2.000.000
Tabung gas + kompor Rp. 1.000.000
Wajan datar + spatula Rp. 300.000
Loyang martabak Rp. 50.000
Saringan minyak Rp. 50.000
Pisau Rp. 30.000
Parutan keju Rp. 20.000
Kertas roti Rp. 20.000
Boks martabak Rp. 80.000
Total Rp. 3.500.000

Dengan bermodalkan Rp. 3.500.000 saja kita sudah dapat membuka usaha ini. Usaha martabak ini akan sangat cocok dibuka di kota maupun di desa karena tidak sedikit orang yang gemar makan martabak. Untuk bahan baku sendiri setiap harinya kita mungkin perlu mengeluarkan biaya bahan baku sebesar Rp. 300.000. lalu bagaimana omsetnya?

Jika satu boks martabak manis dapat terjual dengan harga Rp. 12.000 saja untuk rasa yang standar, dan martabak telor Anda jual dengan harga Rp. 16.000 per boksnya untuk yang standar pula, dalam satu hari jika laku 10 boks untuk masing-masing varian saja, kita sudah balik modal bahanbaku. Apalagi jika anda berinovasi dengan rasa yang ada. Kini banyak dijual martabak dengan rasa baru yang banyak peminatnya seprti green tea, taro, dll.

READ :  Cara Memulai Crowdfunding Dengan Sukses

Peluang usaha ini memang terbilang cukup prospektif dan layak untuk dicoba karena dengan modal mulai dari tiga jutaan, kita sudah bisa mengantongi keuntungan yang tidak main-main. Semoga berhasil ya dengan usahanya!

Bingung Mau Bisnis Kuliner Apalagi? Coba Bisnis Ini! | phreeque | 4.5