8 Platform Pendanaan Crowdinvesting Indonesia

Platform Pendanaan Crowdinvesting – Istilah crowdinvesting mungkin masih asing didengar oleh kebanyakan orang. Ini karena memang crowdinvesting Indonesia masih belum terkenal dan merupakan hal baru. Sebenarnya crowdinvesting sama seperti investasi pada umumnyam yaitu memberikan dana dan memperoleh bagian dari keuntungan proyek. Namun crowdinvesting merupakan investasi yang dilakukan secara online. Adapun penjelasan lebih mendalam mengenai platform apa saja yang menjadi wadah crowdinvesting akan dibahas berikut ini.

8 Platform Pendanaan Crowdinvesting Indonesia

Apa Itu Crowdinvesting Indonesia

Sebelum membhas mengenai situs crowdinvesting, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa itu Crowdinvesting Indonesia. Seperti namanya crowd memiliki arti kumpulan, dan investing artinya berinvestasi. Jadi crowdinvesting Indonesia merupakan kumpulan orang-orang yang berinvestasi untuk sebuah perusahaan, pendanaan film ataupun bencana alam.

Crowdinvesting dibuat dengan tujuan untuk engumpulkan dana pada kelompok orang untuk dialokasikan membangun sebuah perusahaan ataupun hanya untuk beramal. Untuk dapat bergabung dengan crowdinvesting biasanya harus membuat kampanye yang semenarik mungkin. ini bertujuan untuk menarik minat investor memberikan dana kepada perusahaan tersebut.

Pada umumnya kampanye dilakukan dengan membuat video singkat. Video tersebut berisi profil perusahaan, kata pengantar proyek, hadiah dari donasi yang diberikan dan beberapa gambar atau ilustrasi pendukung. Setiap kampanye yang dilakukan diberikan deadline pencapaian target yang ditentukan. Jadi bukan hanya menunggu investor memberikan sumbangan kepada perushaan saja, namun harus dengan kerja keras untuk dapat menarik minat investor untuk berinvestsi.

Platform Penyedia Crowdinvesting di Indonesia

Pada dasarnya ada banyak platform crowdinvesting yang menawarkan pengumpulan pendanaan. Begitu pula dengan platform penyumbang pendanaan juga banyak tersedia. Semua platform menawarkan pengumpulan maupun penyumbangan dengan kriteria masing-masing. Adapun beberapa platform yang umum digunakan, diantaranya yaitu:

  1. Kickstarter
READ :  Ekonomi Pedesaan Berbasis Pengetahuan Teknologi Modern

Kickstarter merupakan situs untuk pengadaan pendanaan proyek-proyek kreatif yang berbasis sumbangan. Situs ini merupakan platform yang sudah lama ada dan mengalami pertumbuhan yang cukup baik. disamping itu kickstarter juga telah banyak menghasilkan kampanye besar dalam beberapa tahun trakhir.

  1. Indiego

Selanjutnya yaitu indiego. Situs indiego berfokus pada penggalangan dana bagi pemusik, badan amal, fans, dan kebutuhan keuangan pribadi. Bahkan situs ini telah mengalami pertumbuhan yang pesat, hingga internasional. Hal ini disebabkan karena fleksibilitas mereka yang membuka peluang terhadap donator dengan pendekatan yang luas.

  1. Crowdfounder

Crowdinvesting juga bisa dilakukan melalui crowdfounder. Situs investasi ini merupakan platform untuk bisnis dengan jaringan sosial yang berkembang dri usaha kecil hingga startup teknologi. Situs ini menawarkan perpaduan antara crodfounding yang berbasis sumbangan dan para investor baik dari individual, angel investor maupun investor dengan syarat tertentu.

  1. Rockethub

Rockethub merupakan jenis situs investasi yang berbasis sumbangan dana untuk berbagai proyek kreatif. Salah satu programnya yaitu Launchpad FuelPad yang bertujuan untuk membantu pemilik kampanye dan mitra pemasaran dapat berkolaborasi agar berhasil melkukan kampanye.

  1. Crowdrise

Berbeda dengan situs-situsinvestasi sebelumnya, situs crowdinvesting Indonesia satu ini berbasis sumbangan amal. Situs investasi ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki komunitas peduli sesame manusia.

  1. Somolend

Situs crowdinvesting Indonesia selanjutnya yaitu somolend. Somolend menyediakan dana investasi yang berbasis utang. Dana utang ini digunakan untuk usaha dengan sistem operasi dan pendapatan yang berkualitas.  Biasanya somolend menjadi mitra bank untuk memberikan pinjaman. Selain itu melalui situs ini juga terbuka bagi pemilik ushaa kecil.

  1. Appbackr

Situs investasi selanjutnya yaitu appbackr. Situs ini diperuntukkan bagi yang ingin membangun aplikasi mobile. Apabila untuk membangun aplikasi tidak memiliki dana maka bisa mendapatkan donasi dari situs ini.

  1. Angelist
READ :  Upaya Yang Bisa Dilakukan Petani Untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian Desa

Bagi start up yang bergerak di bidang teknologi, situs ini cocok digunakan untuk bantuan pendanaan perusahaan. Situs angelist memang diperuntukkan bagi perusahaan start up pada bidang teknologi untuk berkembang. Di dalam angelist sendiri terdapat investor dan lembaga yang siap mendanai untuk keberhsilan perushaan start up teknologi.

Keberadaan Crowdinvesting Indonesia memang menguntungkan bagi perushaan atau proyek-proyek pada tahap berkembang yang masih membutuhkan suntikan dana. Berbagai platform tersebut dapat dijadikan sebagai batu loncatan agar proyek dapat berhasil. Namun tentu saja harus diperhatikan apa saja yang haru dilakukan untuk dapat bergabung dengan platform tersebut. Sebab setiap platform memiliki ketentuan masing-masing untuk memberikan pendanaan.

8 Platform Pendanaan Crowdinvesting Indonesia | phreeque | 4.5