6 Contoh Program Desa Unggulan Yang Mampu Memajukan Desa

4 Program Desa Unggulan yang diterapkan oleh Kementrian Desa ini membuat masyarakat di desa-desa menjadi lebih maju. Dengan program ini, masyarakat desa mulai mengembangkan potensi yang ada di desa masing-masing. Untuk itu, berikut ini adalah contoh program desa unggulan yang bisa menjadi inspirasi untuk desa-desa lain yang ada di Indonesia.

6 Contoh Program Desa Unggulan Yang Mampu Memajukan Desa

  1. Produk Unggulan Desa Di Kabupaten Dompu

Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah yang ada di Nusa Tenggara Barat. Terletak di bagian tengah Pulau Sumbawa, daerah ini terkenal dengan penghasil susu kuda liar dan madu. Daerah ini juga terkenal dengan keragaman genetik hewan penghasil daging. Daerah ini memiliki 9 keluarahan dan 44 desa definitif serta 4 desa persiapan.

Di kabupaten ini, terdapat komoditas unggulan yang sudah ada sejak 2011 yaitu tanaman jagung. Sekitar 10 ribu lahan baru dibuka di Dompu untuk ditanami jagung. Kemudian dari tahun 2009 hingga sekarang sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan hasil 250 ribu ton jagung. Kabupaten ini menyediakan sekitar 5.000 bibit unggul.

  1. BUMDes Karya Jaya Mandiri Desa Amin Jaya

BUMDes yang dikembangkan di Desa Amin Jaya, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah ini berhasil menjadi BUMDes paling kreatif tingkat nasional. Predikat ini didapatkan karena BUMDes ini dinilai berani serta aktif dan inovatif dalam memajukan masyarakat desanya. Dana desa yang didapatkan kemudian digunakan sebagai sarana perbaikan akses jalan menuju perkebunan warga.

Hal ini tentu saja akan memudahkan warga untuk lalu lintas dan juga mengangkut hasil panen sehingga tidak membutuhkan waktu lama. Tahun 2015, BUMDes ini mendapatkan tambahan modal yang digunakan untuk membuka usaha paving blok. Satu tahun kemudian, desa ini mendapatkan tambahan dana desa untuk usaha jual beli tandan buah segar.

  1. Produk Unggulan Desa Di Kabupaten Pandeglang
READ :  Menyusun Crowdfunding Bisnis Plan Yang Menarik

Kabupaten Pandeglang bisa menjadi contoh program desa unggulan yaitu prukades atau produk unggulan kawasan perdesaan. Sama seperti di Kabupaten Dompu, Kabupaten Pandeglang juga menjadikan jagung sebagai produk unggulannya. Kabupaten yang ada di Provinsi Banten ini telah mengembangkan lahan jagung dengan luas 52.446 hektar.

Dari lahan seluas itu, yang baru ditanami jagung hanya separuh lahannya saja. Produksi jagung di kabupaten ini mencapai 5 ton per hektar. Untuk total estimasi produk dari pencapaian rata-rata per hektar adalah 250.000 ton. Dengan ini, Kabupaten Pandeglang bisa memperoleh pendapatan dari Prukades senilai Rp. 750.000.000.000.

  1. BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok

BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok ini adalah usaha yang digagas masyarakat Desa Ponggok di bidang kepariwisataan. Desa yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini berhasil mendapatkan predikat berupa BUMDes terbaik. Selain itu, Desa Ponggok juga menjadi BUMDes dengan omset mencapai 10  milyar serta laba bersih 6,5 milyar.

Usaha yang digerakkan masyarakat Desa Ponggok berawal dari kolam renang dan kini sudah berkembang dengan mendirikan minimarket dan rumah makan. Antusiasme masyarakat yang berkunjung ke kolam renang ini sekitar 600 sampai 1500 pengunjung. Tentunya hal ini menjadi pencapaian yang luar biasa bagi warga Desa Ponggok.

  1. Pengelolaan Sarana Olahraga Desa Sesela

Contoh program desa unggulan tidak hanya dari produk unggulan dan bumdes saja, tetapi juga pengembangan serta pengelolaan sarana olahraga. Hal ini juga termasuk pada 4 program prioritas yang sudah ditetapkan oleh kementrian desa. Di Desa Sesela, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, berhasil menyulap Tempat Pembuangan Sampah menjadi sarana olahraga multifungsi.

Pengembangan sarana olahraga multifungsi ini tentu saja membutuhkan dana desa. Pengelolaan sarana olahraga multifungsi ini dilatarbelakangi oleh minat serta perhatian warga Desa Sesela terhadap olahraga yang cukup besar. Lahan pasar yang tadinya berbau dan kotor ini kemudian diusulkan untuk pembangunan sarana lapangan futsal.

  1. Inovasi Air Sungai Sebagai PLTMH
READ :  Mengenal Manfaat Dan Jenis Jenis Crowdfunding

Memanfaatkan air sungai menjadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro menjadi contoh program desa unggulan yang terakhir. Desa Batang Uru menjadi desa yang mengembangkan pembangkit listrik ini. Faktor pendorong terciptanya inovasi ini adalah desa ini merupakan daerah terisolir dan jarang tersentuh pembangunan.

Contoh program desa unggulan di atas merupakan sebagian dari banyaknya contoh program yang ada di berbagai desa di Indonesia. Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki banyak desa yang tentunya berpotensi untuk dikembangkan sehingga desa tersebut bisa maju.

6 Contoh Program Desa Unggulan Yang Mampu Memajukan Desa | phreeque | 4.5